Silsilah Syaikhona Kholil Bangkalan yang Merupakan Keturunan Walisongo

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
14 Mei 2024 20:08 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi silsilah syaikhona kholil bangkalan. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi silsilah syaikhona kholil bangkalan. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Silsilah Syaikhona Kholil Bangkalan diyakini adalah titisan dari beberapa wali yang merupakan bagian dari Wali Songo yang begitu populer di Jawa.
ADVERTISEMENT
Artikel berikut akan menjelaskan tentang silsilah Syaikhona Kholil Bangkalan yang masih memiliki garis keturunan Nabi Muhammad SAW.

Silsilah Syaikhona Kholil Bangkalan

Ilustrasi silsilah syaikhona kholil bangkalan. Foto: Pexels
Syaikhona Kholil merupakan salah satu ulama besar yang lahir di Madura. Beliau memiliki peran besar dalam mencetak kader ulama yang mensyiarkan Islam.
Meskipun terdapat beberapa perbedaan pendapat mengenai hari kelahiran Syaikhona Kholil, tapi terdapat beberapa kesamaan yakni lahir pada bulan Jumadil Akhir / Tsaniyah, walau tahunnya belum secara pasti diketahui.
Mendapat pelajaran agama Islam sedari kecil dimulai dari lingkungan keluarganya, Syaikhona Kholil akhirnya bergabung ke Pesantren Bungah, Gresik.
Kalau diruntut, Syaikhona Kholil memiliki bіn KH. Abdul Lathif bin Kyai Hamim bіn Kyai Abdul Karim bin Kyai Muharram bіn Kyai Asror Karomah bіn Kyai Abdullah Bin Sayyid Sυӏаіmаn.
ADVERTISEMENT
Nasab Syaikhona Kholil didasarkan pada garis keturunan yang ditarik dari pihak ayah atau pihak laki-laki. Ada lima jalur yang menjadi mata rantai silsilah Syaikhona Kholil hingga ke Rasulullah Muhammad SAW.
Jalur tersebut, antara lain Jalur Sunan Kudus (Sayyid Ja’far Shodiq), Jalur Sunan Ampel (Raden Rahmat), Jalur Sunan Giri (Sayyid Muhammad Ainul Yaqin), Jalur Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah) dan Jalur Basya’iban.
Para sunan ini memiliki marga Azmatkhan yang bersambung раԁа Sayyid Alawi Ammil Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath, yang pada akhirnya juga bisa menurunkan marga tersebut pada Kyai Kholil.
Kalau dilihat dari nasabnya, maka silsilah Sunan Kudus adalah yang paling kuat. Pasalnya pada jalur ini, silsilah Syaikhona Kholil sambung hingga ke Sayyidatina Fatimah Az Zahra binti Rosulillah Muhammad SAW yang semuanya laki-laki.
ADVERTISEMENT
Selama masa hidupnya, Syaikhona Kholil menulis beberapa kitab, yakni Silah fi Bayanin Nikah, I’anatur Roqibin, Taqrirat ‘Ala Nuzhatit Thullab, dan Jauharotul ‘Iyan li Ahlil ‘Irfan.
Muhammad Kyai Kholil meninggal pada 29 Ramadhan 1343 H. Ia dimakamkan di Madura dan makamnya menjadi destinasi wisata religi populer di Bangkalan.
Demikian adalah pemaparan mengenai silsilah Syaikhona Kholil Bangkalan, berdasarkan buku Jejak Pemikiran Pendidikan Ulama Nusantara karya Siti Kusrini yang menarik diketahui. (SP)