Sumber Sejarah Kerajaan Mataram Islam yang Menjadi Bukti Eksistensinya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
3 Juni 2024 23:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sumber Sejarah Kerajaan Mataram Islam. Sumber: Unsplash.com/Faza Dzaki
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sumber Sejarah Kerajaan Mataram Islam. Sumber: Unsplash.com/Faza Dzaki
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mataram Islam merupakan salah satu nama kerajaan bercorak Islam yang pernah eksis di wilayah Indonesia. Salah satu sumber sejarah Kerajaan Islam yang menjadi bukti eksistensinya adalah Masjid Agung Surakarta.
ADVERTISEMENT
Masjid tersebut dibangun pada masa Sunan Pakubuwono III, yakni sekitar tahun 1763 sampai dengan tahun 1768. Selain masjid, kerajaan yang pernah berjaya di Pulau Jawa tersebut juga memiliki sumber sejarah lain yang berupa kitab.

Sumber Sejarah Kerajaan Mataram Islam di Indonesia

Ilustrasi Sumber Sejarah Kerajaan Mataram Islam. Sumber: Unsplash.com/Mosquegrapher
Indonesia adalah negara yang pernah mengalami masa kerajaan. Kerajaan tersebut tersebar dari Sabang hingga Merauke dengan berbagai macam corak agama, ada yang Hindu, Buddha, dan Islam.
Setiap kerajaan itu memiliki sumber sejarah yang menjadi bukti eksistensinya. Salah satu contoh adalah Kerajaan Mataram Islam di Pulau Jawa.
Sumber sejarah Kerajaan Mataram Islam yang menjadi bukti keberadaannya adalah Masjid Agung Surakarta atau Masjid Agung Kraton Surakarta. Masjid tersebut dibangun pada masa Sunan Pakubuwono III, tepatnya pada tahun 1763 – 1768.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari buku Pembelajaran IPS Berbasis Budaya Jawa untuk Kelas IV SD-MI, Handini dan Bambang (2020: 84), Masjid Agung berdiri di atas lahan seluas 19.180 m². Masjid tersebut dikelilingi dengan tembok dengan tinggi sekitar tiga meter lebih.
Masjid yang menjadi jejak sejarah Kerajaan Mataram Islam itu masih lestari hingga sekarang. Masjid tersebut sering menjadi tempat untuk berbagai kegiatan keraton yang memiliki kaitan dengan perayaan keagamaan.

Sumber Sejarah Lain dari Kerajaan Mataram Islam

Ilustrasi Sumber Sejarah Kerajaan Mataram Islam. Sumber: Unsplash.com/nizar kauzar
Masjid Agung Surakarta merupakan sumber sejarah Kerajaan Mataram Islam yang berbentuk bangunan. Selain masjid, ternyata kerajaan yang pernah berjaya di Pulau Jawa itu juga memiliki sumber sejarah berupa dokumen tertulis.
Mengutip dari buku Sejarah 1 Sekolah Menengah Atas Kelas X, Mustopo, dkk. (2007: 47), salah satu sumber tertulis (dokumen) Kerajaan Mataram Islam adalah Babad Tanah Jawi. Sumber tersebut merupakan sastra berbentuk tembang berbahasa Jawa.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Kerajaan Mataram Islam juga memiliki sumber tertulis lain yang berupa kitab. Kitab tersebut adalah Kitab Sastra Gending.
Kini, jelas bahwa sumber sejarah Kerajaan Mataram Islam yang menjadi bukti eksistensinya adalah Masjid Agung Surakarta. Selain masjid, ada pula sumber sejarah Mataram Islam yang berupa tulisan, yakni Babad Tanah Jawi dan Kitab Sastra gending. (AA)