Tarian Suku Aborigin Australia dan Kaitannya dengan Spiritualitas

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
1 April 2024 23:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tarian suku Aborigin Australia. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tarian suku Aborigin Australia. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tarian suku Aborigin Australia sangat lekat kaitannya dengan aktivitas spiritual di masa lampau, walau saat ini berkembang menjadi sebuah bentuk budaya dan identitas.
ADVERTISEMENT
Tarian suku Aborigin Australia juga ternyata sangat beragam, dengan gerakan yang khas dan tujuan yang berbeda. Artikel di bawah ini akan membahasnya lebih lanjut.

Tarian Suku Aborigin Australia

Ilustrasi tarian suku Aborigin Australia. Foto: Pixabay
Suku Aborigin dikenal sebagai suku asli Australia yang telah mendiami pulau sejak 70.000 tahun lalu berdasarkan Buku Ajar Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup karya Hamidah Suryani.
Sama seperti suku lain di dunia, suku Aborigin memiliki berbagai jenis adat istiadat dan termasuk di dalamnya adalah tari-tarian khas yang penuh makna mendalam.
Pram melalui buku Suku Bangsa Dunia dan Kebudayaannya, menuliskan bahwa tarian bahkan digunakan dalam upacara pemakaman khas suku Aborigin yang bertujuan untuk membuat arwah menjadi tenang.
Selain itu, tarian juga dibawakan untuk upacara adat lainnya. Berikut adalah daftar tarian suku Aborigin di Australia, antara lain:
ADVERTISEMENT

1. Tari Tiwi

Merupakan tarian tradisional suku Aborigin yang memiliki gerakan yang kuat, dimana setiap pergantian gerakan harus dilakukan dengan tepat sesuai alunan musik.
Tarian ini biasanya dipertunjukkan oleh suku Aborigin yang mendiami Pulau Tiwi dan biasanya digunakan untuk mengiringi upacara adat, seperti upacara Kulama dan Pukumani.

2. Corroboree

Tarian ini merupakan ritual suku Aborigin dengan tujuan untuk berinteraksi dengan roh leluhur melalui tarian, musik, dan kostum tradisional.
Tarian ini biasanya dipertontonkan oleh suku Aborigin di wilayah timur laut Australia. Kata corroboree sendiri berarti pertemuan masyarakat Aborigin Australia.

3. Tarian Api

Tarian ini dimulai dengan beberapa orang dari suku Aborigin yang akan membuat api dari kayu khusus. Api yang berhasil muncul itulah yang kemudian digunakan sebagai bagian dari tarian.
ADVERTISEMENT
Tarian ini biasanya dipertunjukkan oleh suku Aborigin di wilayah tengah Australia dengan meniup atau melemparkan batok kelapa yang terbakar.

4. Tarian Warlpiri

Tarian ini dipertunjukkan oleh suku Aborigin Warlpiri yang berada di bagian tengah Australia. Tarian ini biasanya dipertunjukkan sebagai bagian dari upacara adat.
Tarian digunakan untuk merayakan perubahan seorang anak menjadi laki-laki dewasa, menyembuhkan penyakit, melahirkan, menyerang musuh, dan kesuburan.
Demikian adalah beberapa tarian suku Aborigin Australia yang erat kaitannya dengan budaya dan spiritual masyarakat. (SP)