Konten dari Pengguna

Teori Auguste Comte dalam Ilmu Sosiologi

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
16 April 2023 14:09 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi teori Auguste Comte (Pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi teori Auguste Comte (Pixabay)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Berbagai teori Auguste Comte telah banyak mewarnai dan menjadi rujukan bagi para pakar dalam bidang sosiologi. Dra Umaasih dalam buku Geografi dan Sosiologi (IPS Terpadu) SMP kls 9, Auguste Comte merupakan seorang sarjana asal Prancis yang dikenal juga sebapak ‘Bapak Sosiologi’.
ADVERTISEMENT

Profil dan Berbagai Teori yang Dikemukakan Auguste Comte

Ilustrasi Auguste Comte (Pixabay)
Auguste Comte adalah seorang filsuf Prancis. Ia mengembangkan teori yang dikenal sebagai Positivisme, yang menekankan bahwa pengetahuan yang tepat hanya dapat diperoleh melalui pengamatan yang akurat dan verifikasi empiris.
Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci mengenai profil Comte dan teori-teorinya.

Profil Auguste Comte

Auguste Comte lahir di Montpellier, Prancis pada 19 Januari 1798. Comte awalnya belajar di École Polytechnique di Paris, di mana ia terpengaruh oleh ilmu matematika dan ilmu pengetahuan alam. Namun, ia kemudian mulai tertarik pada ilmu sosial dan filsafat.
Pada tahun 1826, Comte bertemu dengan Saint-Simon, seorang filsuf yang memperkenalkannya pada gagasan tentang organisasi sosial yang lebih efisien dan inklusif. Saint-Simon menjadi mentor Comte dan membantunya dalam mengembangkan gagasan tentang Positivisme.
ADVERTISEMENT
Comte kemudian menulis karya-karya penting dalam sejarah pemikiran sosiologi, jurnal "Positivist Review", yang memberikan platform untuk para penulis dan pemikir Positivis untuk berbagi pemikiran mereka.
Auguste Comte sendiri meninggal dunia pada 5 September 1857 di Paris, Prancis.

Berbagai Teori Ausguste Comte

Sebagai filsuf dan sarjana terkemuka, inilah beberapa teori-teori yang dikemukakan oleh Auguste Comte:

1. Positivisme

Teori Positivisme Comte menekankan bahwa pengetahuan yang tepat hanya dapat diperoleh melalui pengamatan yang akurat dan verifikasi empiris. Menurut Comte, sains adalah satu-satunya cara untuk memperoleh pengetahuan yang benar dan dapat diandalkan.

2. Tiga Tahap Perkembangan Masyarakat

Comte mengembangkan teori bahwa masyarakat mengalami perkembangan dalam tiga tahap yaitu tahap teologi, tahap metafisika, dan tahap positif.
ADVERTISEMENT
Comte percaya bahwa tahap Positif akan membawa perubahan sosial yang signifikan, karena manusia akan mengambil keputusan berdasarkan fakta dan bukti empiris daripada kepercayaan yang tidak dapat dibuktikan atau dipahami secara ilmiah.

3. Teori Hierarki Ilmu Pengetahuan

Comte juga mengembangkan gagasan tentang Hierarki Ilmu Pengetahuan, di mana sains fisika dan biologi dianggap sebagai dasar dari semua ilmu pengetahuan dan sosiologi ditempatkan di puncak hierarki sebagai ilmu yang paling kompleks.
Berbagai teori Auguste Comte menekankan bahwa pengetahuan yang tepat hanya dapat diperoleh melalui pengamatan yang akurat dan verifikasi empiris. Ia juga memandang bahwa sosiologi harus menjadi ilmu yang sama pentingnya dengan ilmu pengetahuan alam.
(AZZ)