Tugas dan Wewenang MPR dalam Pemerintahan di Negara Indonesia

Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
10 September 2023 22:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tugas dan Wewenang MPR. Sumber: Pexels.com/August de Richelieu
ADVERTISEMENT
Salah satu tugas dan wewenang MPR dalam pemerintahan di negara Indonesia adalah melantik presiden dan/atau wakil presiden. Selain tugas tersebut, MPR sebagai Majelis Permusyawaratan Rakyat juga memiliki sejumlah tugas dan wewenang.
ADVERTISEMENT
Beberapa contoh tugas serta wewenang lain dari MPR adalah mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar, memberhentikan presiden dan/atau wakil presiden, sampai dengan mengambil keputusan terhadap anggota yang melanggar janji anggota.

MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat)

Ilustrasi Tugas dan Wewenang MPR. Sumber: Pexels.com/August de Richelieu
MPR merupakan salah satu lembaga yang ada di negara Indonesia. MPR itu sendiri adalah akronim dari Majelis Permusyawaratan Rakyat.
Mengutip dari laman mpr.go.id, MPR merupakan lembaga pelaksana kedaulatan rakyat sebab anggota MPR adalah para wakil rakyat dari pemilihan umum. Layaknya sebuah lembaga negara, MPR sebagai lembaga negara juga mempunyai tugas dan wewenang.
Salah satu wewenang dari MPR adalah melakukan pengubahan dan penetapan terhadap Undang-Undang Dasar. Wewenang tersebut tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945, tepatnya pada pasal 3 ayat (1) dalam BAB II Majelis Permusyawaratan Rakyat.
ADVERTISEMENT
Pasal 3 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi,

Tugas dan Wewenang MPR di Negara Indonesia

Ilustrasi Tugas dan Wewenang MPR. Sumber: Pexels.com/Andrea Piacquadio
Selain mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar (UUD), masih ada banyak tugas dan wewenang MPR dalam pemerintahan di Indonesia. Mengutip buku Pendidikan Kewarganegaraan karya Moediarta (2007: 44), berikut tugas serta wewenang MPR.

1. Tugas MPR

Tiga contoh tugas MPR, antara lain:

2. Wewenang MPR

Lima contoh wewenang MPR, antara lain:
ADVERTISEMENT
Berdasarkan ulasan tersebut, dapat dipahami bahwa ada banyak tugas dan wewenang MPR dalam pemerintahan di negara Indonesia. Salah satu contoh tugas dan wewenangnya tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 3 ayat (1). (AA)