Wilayah Kekuasaan Kerajaan Kutai di Pulau Kalimantan

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
13 Mei 2024 19:52 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi wilayah kekuasaan kerajaan kutai. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wilayah kekuasaan kerajaan kutai. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Wilayah kekuasaan Kerajaan Kutai diperkirakan berdiri pada abad ke-5 M, terutama terletak di area pulau Kalimantan yang merupakan lokasi kerajaan ini.
ADVERTISEMENT
Artikel berikut akan membahas tentang wilayah kekuasaan Kerajaan Kutai sebagai kerajaan tertua di Indonesia.

Wilayah Kekuasaan Kerajaan Kutai

Ilustrasi wilayah kekuasaan kerajaan kutai. Foto: Pexels
Kerajaan Kutai terletak di sekitar aliran Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Kutai juga merupakan kerajaan tertua di Indonesia berdasarkan bukti Prasasti Yupa.
Salah satu yupa bahkan menyinggung tentang suatu tempat suci dengan kata vaprakecvara yang berarti lapangan luas tempat pemujaan.
Vaprakecvara erat kaitannya dengan Dewa Siwa. Sehingga diyakini saat itu masyarakat Kutai juga memeluk agama Siwa karena besarnya pengaruh Kerajaan Pallawa dan pentingnya peran Brahmana.
Kerajaan Kutai didirikan oleh Kudungga yang merupakan raja pertama di sana. Kudungga kemudian digantikan oleh putranya yang bernama Aswawarman yang telah dipengaruhi oleh agama Hindu.
Aswawarman kemudian digantikan oleh Mulawarman yang menjadi raja terbesar dalam sejarah Kerajaan Kutai. Ia dipandang sebagai raja mulia yang berhasil membawa kejayaan.
ADVERTISEMENT
Corak kehidupan sosial Kerajaan Kutai yang berada di tepi sungai adalah maritim. Oleh karena itu, kegiatan masyarakat terutama adalah bidang pelayaran dan perdagangan.
Kutai sangat strategis karena karena terletak pada jalur aktivitas pelayaran dan perdagangan antara dunia barat dan dunia timur.
Kehidupan masyarakat Kutai juga sudah sangat teratur dan diperkirakan terbagi ke dalam kasta seperti yang ditulis dalam buku Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs.
Kasta tersebut termasuk juga golongan terdidik yang terdiri atas brahmana dan ksatria yang mungkin sudah bepergian ke India dan pusat penyebaran agama Hindu di Asia Tenggara.
Kerajaan Kutai memiliki wilayah kekuasaan yang sangat luas, meliputi hampir seluruh wilayah Kalimantan Timur, kecuali Kabupaten Berau dan Kabupaten Paser.
ADVERTISEMENT
Menurut Buku Super Sukses AKM, Kerajaan Kutai mulai mengalami kemunduran setelah kepemimpinan Raja Mulawarman karena tidak lagi disinggahi oleh para pedagang.
Pada masa kepemimpinan Raja Mulawarman jugalah, Islam mulai masuk ke kerajaan dan bahkan dianut oleh lebih banyak orang, sehingga merubah status sebelumnya menjadi kesultanan.
Demikian adalah pembahasan tentang wilayah kekuasaan Kerajaan Kutai yang berfokus di Kalimantan. (SP)