kumparan
search-gray
News25 Maret 2019 23:31

Andini, Gadis 14 Tahun yang Hidupi 2 Adiknya, Kini Miliki Rumah Baru

Konten Redaksi Selasar Riau
Andini dan Rumah Barunya2 .jpg
Andini (jilbab) saat menerima dan membuka pintu rumah yang dibangun dari hasil pengumpulan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) karyawan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Senin, 25 Maret 2019. Dok: Selasar Riau.
SELASAR RIAU, PANGKALAN KERINCI - Andini, gadis berumur 14 tahun yang menghidupi dan mengasuh dua adiknya, Purwanti (2) dan Sidratul Jannah (6 bulan), kini memiliki rumah tinggal permanen yang terbuat dari batu bata, semen, dan dicat hijau.
ADVERTISEMENT
Rumah permanen tersebut berada di Dusun Telayap, Desa Pangkalan Tampoi, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, tersebut dibangun tepat di depan rumah kayu yang mereka huni selama ini. Bangunan tersebut memiliki tipe 42, dengan lantai keramik dan punya dua kamar.
Andini tersenyum bahagia saat melihat rumah yang dibangun dari hasil pengumpulan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) karyawan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).
“Kami segera pindah ke rumah depan, sudah dibuatkan (oleh) Ikatan Muslim Riau Andalan (IMRA) PT RAPP. Senang sekali bisa tinggal di rumah baru. Sudah berlantai keramik, dan tidak panas seperti sekarang,” kata Andini, Senin, 25 Maret 2019.
Kunci rumah untuk Andini dan kedua adiknya diserahkan langsung oleh Ketua IMRA RAPP, Zulkifli, Senin (25/3). Andini semakin terharu dan air matanya jatuh tak bisa lagi dibendung.
ADVERTISEMENT
Sesekali ia mengusapkan air mata dengan jilbabnya. Lalu, Andini menuju rumah baru yang akan ia tempati bersama dua adiknya. Satu per satu Andini melihat ruangan yang ada di rumah permanen tersebut, ditemani beberapa warga desa dan rombongan dari RAPP dan Baznaz Riau.
Alhamdulillah,” ujarnya Andini yang tak bisa berkata-kata lagi.
Andini dan Rumah Barunya .jpg
Rumah permanen untuk Andini dan kedua adiknya memiliki tipe 42, berlantai keramik, dan memiliki dua kamar. Dok: Selasar Riau.
Ketua IMRA RAPP, Zulkifli, mengatakan IMRA memiliki Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang dikumpulkan dari para karyawan PT RAPP.
IMRA saat ini memiliki beberapa program, selain bantuan bedah rumah, juga bantuan sekolah anak yatim, fakir miskin, dan bantuan usaha kepada yang membutuhkan.
“Ini rumah ke-10 kita bangun dari zakat karyawan RAPP. Rumah untuk Andini merupakan rumah pertama IMRA bangun di 2019 ini," jelas Zulkifli.
ADVERTISEMENT
Ia menjelaskan, sebelumnya IMRA RAPP mendengar kabar kisah Andini dari media sosial dan berita.
Ketika itu, Andini seorang diri mengurus adik-adiknya. "Kami berkunjung ke rumah Andini dan langsung memutuskan untuk membangun rumah yang nyaman bagi Andini dan adik-adik,” ujarnya.
Bupati Pelalawan, H M Harris diwakili Staf Ahli, May Hendri, mengapresiasi upaya yang dilakukan IMRA RAPP untuk Andini.
Pembangunan rumah untuk Andini merupakan bentuk sinergi dari program pembangunan Pemerintah Pelalawan.
Andini dan Rumah Barunya1 .jpg
Rumah Andini dan kedua adiknya dibangun tepat di depan rumah kayu yang sebelumnya mereka tinggali. Dok: Selasar Riau.
“Terima kasih kepada IMRA RAPP yang telah memberikan pembangunan rumah layak huni untuk Ananda Andini. Program UPZ IMRA ini senada dengan program yang dimiliki pemerintah Pelalawan,” ujar May Hendri diamini Ketua Baznas Riau, Saidul Amin.
Perwakilan manajemen RAPP, H Ishak, mengatakan pembangunan rumah Andini merupakan kepedulian karyawan RAPP terhadap warga di sekitar daerah operasional. Di sinilah, lanjut Ishak, indahnya berbagi dengan yang membutuhkan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white