Atlet NPCI Riau Boyong 27 Medali ASEAN Para Games 2022

Konten Media Partner
9 Agustus 2022 14:35
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Gubernur Riau, Syamsuar, menyambut Atlet NPCI Riau (TIKA AYU/SELASAR RIAU)
zoom-in-whitePerbesar
Gubernur Riau, Syamsuar, menyambut Atlet NPCI Riau (TIKA AYU/SELASAR RIAU)
ADVERTISEMENT
SELASAR RIAU, PEKANBARU - Atlet National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) asal Riau berhasil memboyong sebanyak 27 medali dari berbagai cabang olahraga dalam perhelatan ASEAN Para Games XI tahun 2022 di Solo, Provinsi Jawa Tengah, pada Juli 2022 lalu.
ADVERTISEMENT
Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan prestasi yang menggembirakan. Dikatakannya, bahwa atlet yang bertanding di lintas negara Asia Tenggara membawa nama baik Indonesia.
"Juga sekaligus nama baik Provinsi Riau," ungkap Syamsuar saat acara penyambutan Atlet NPCI di Balai Pelangi, Senin, 8 Agustus 2022.
Mengingat kendala yang harus dihadapi saat bertanding, kata Syamsuar, atlet Riau telah mencatatkan prestasi membanggakan yang bertepatan dengan hari ulang tahun Provinsi Riau,
"Ini yang disebut Riau unggul," ujar orang nomor satu di Riau itu.
Selain itu, sebut Syamsuar, Riau juga unggul di beberapa bidang lainnya, salah satunya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).
"Kita harus pelihara ini siapa ya anak- Riau terus berprestasi," ucapnya.
Seorang atlet Cabor Para Swimming (Para-Renang) S9, Rino Saputra, turut andil menorehkan prestasi di ASEAN Para Games 2022. Pria berusia 27 tahun itu mendapatkan 3 medali emas dan 1 perunggu.
ADVERTISEMENT
"3 emas, 2 emas di antaranya lomba individu dan 1 emas perlombaan renang estafet. Sedangkan 1 perunggu dari lomba individual juga," ujarnya saat dihubungi via WhatsApp, Selasa, 9 Agustus 2022.
Rino merupakan satu-satunya atlet untuk cabor renang S9 yang diutus untuk mewakili kontingen Riau. Sedangkan untuk tingkat nasional, ada lima atlet disabilitas yang diutus Riau.
"Saya asal Kampar mewakili satu-satunya dari Riau untuk kelas S9 di cabor renang," tuturnya.
Proses seleksi untuk atlet perwakilan Riau di ASEAN Para Games 2022 telah berangsung sejak 2021.
"Pertandingan Agustus 2022 (ASEAN Para Games, red). Hampir setahun mulai Pelatnas di Solo dan training center di Solo," Akunya.
Rino turut mengapresiasi setiap stakeholder yang mendukung dan memfasilitasi para atlet disabilitas untuk ASEAN Para Games 2022.
ADVERTISEMENT
"Perhatiannya luar biasa sama atlet disabilitas di tingkat nasional sampai internasional. Juga pembinaan dari pemprov ada di NPCI dan sediakan tempat pelatihan terfasilitasi," terangnya.
LAPORAN: TIKA AYU
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·