kumparan
KONTEN PUBLISHER
16 Januari 2019 19:59

Selain Idap Penyakit TBC, Adik Andini Juga Menderita Gizi Buruk

Adik Andini, Purwanti (20 bulan), menangis saat kakaknya memberikan susu formula ke Sidratul Jannah (4 bulan).
ADVERTISEMENT
SELASAR RIAU, PEKANBARU - Adik Andini yang masih berusia 20 bulan, Purwanti, ternyata tidak hanya menderita penyakit Tubercolosis (TBC), melainkan juga menderita gizi buruk. Keadaan itu diketahui setelah Purwanti mendapat pemeriksaan dokter di Rumah Sakit Umum Daerah Selasih, Pangkalan Kerinci.
"Kondisinya sangat lemah, Purwanti hanya terbaring di tempat tidur. Dokter kemarin bilang, ia (Purwanti) menderita gizi buruk," kata Dedi Aswandi, pegiat sosial selama ini membantu Andini, Rabu (16/1).
Dedi mengatakan Purwanti dalam perawatan intensif dokter hingga saat ini. Dia berpendapat kondisi gizi buruk yang dialami Purwanti karena kesulitan ekonomi selama orang tuanya masih hidup. Diketahui sebelumnya bahwa Purwanti juga divonis menderita TBC yang diduga tertular dari almarhum ibunya, Ijaz.
"Mari sama-sama berdoa agar Purwanti sembuh," ujarr Dedi.
ADVERTISEMENT
Saat Selasar Riau berkesempatan mengunjungi mereka, tampak Andini bersama Purwanti dan adiknya yang berusia 4 bulan, Sidratul Jannah, hidup sangat memprihatinkan. Rumah mereka terbuat dari papan kayu yang beratapkan seng, sementara langit-langit rumah mereka ditutupi kulit kayu yang sebelumnya untuk melapisi dinding.
Rumah Andini sempat diperbaiki dengan bantuan masyarakat setempat pada pertengahan tahun lalu. "Rumah Ijaz itu kami yang gotong-royong bersama-sama dengan keluarga mereka," ungkap Mukhlis, seorang tetangga di depan rumah Andini.
Andini harus merawat dan menafkahi kedua adiknya sejak mereka ditinggal sang ayah yang menikah lagi setelah ibu Andini, Ijaz, meninggal dunia.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan