kumparan
search-gray
News18 Maret 2020 23:54

Viral, Video Tiga Polwan di Riau Seminggu Padamkan Api di Lahan Gambut

Konten Redaksi Selasar Riau
Viral, Video Tiga Polwan di Riau Seminggu Padamkan Api di Lahan Gambut (75213)
AKP Rosna (depan) Kasat Lantas Polres Inhil berjibaku selama seminggu padamkan api di lahan gambut di Sungai Teritip, Kateman, Indragiri Hilir, Riau. Ia tak sendiran, melainkan dua Polwan serta 50 anggota Polri, TNI dan MPA.
SELASAR RIAU, TEMBILAHAN - Seminggu sudah tiga Polisi Wanita (Polwan) berjibaku memadamkan api yang membakar lahan gambut di Sungai Teritip, Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hulir (Inhil).
ADVERTISEMENT
Ketiga srikandi Bhayangkari tersebut adalah Kasat Lantas AKP Rosna Meilani, Bripda Raudatul Jannah dan Briptu Florentina Kharismaya.
Mereka bersama-sama sekitar 50-an personil Polres Inhil, TNI dan Masyarakat Peduli Api (MPA), berada di lokasi berjibaku memadamkan api di atas lahan gambut.
Video
“Saya, bersama Pak Kapolres sudah sekitar seminggu berada di sini. Juga ada dua anggota saya Polwan, Bripda Raudatul Jannah dan Briptu Florentina Kharismaya bersama saya,” ujar Rosna, Rabu (18/3/2020).
Rosna mengisahkan perjalanannya menuju lokasi kebakaran lahan. Diawali 3,5 jam menaiki speedboat, dilanjutkan mengendarai sepeda motor sekitar 1 jam.
“Kemudian dilanjutkan lagi dengan berjalan kaki sekitar satu jam perjalanan," Kata Rosna.
Jauhnya jarak tempuh ke lokasi pemadaman, tak mematahkan semangat juang tiga Polwan tersebut untuk warga Riau terbebas dari asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).
Viral, Video Tiga Polwan di Riau Seminggu Padamkan Api di Lahan Gambut (75214)
KASAT Lantas Polres Indragiri Hilir, AKP Rosna bersama dua Polwan anak buahnya, Bripda Raudatul Jannah dan Briptu Florentina Kharismaya.
Rosna menyadari, ini tidak mudah, tapi semangat tim dalam kebersamaan mengalahkan semua kendala yang ada.
ADVERTISEMENT
Apalagi kehadiran Kapolres selalu bersama tim membuat mereka jadi tambah semangat.
Saat malam menjelang, tim keluar dari lokasi Karhutla sekitar pukul 20.00, bahkan bisa pukul 21.00 WIB.
Mereka kembali ke Polsek Kateman untuk beristirahat. Sesampainya di Mapolsek, tim gelar rapat dipimpin Kapolres.
Tujuannya, esok pagi kembali ke lokasi karhutla untuk dilakukan pemadaman kembali.
“Kami salut akan kepemimpinan beliau. Selaku Kapolres, ia memang benar benar hadir bersama kami ditengah hutan yang terbakar,” ujar Rosna.
Sulitnya medan dilalui untuk memadamkan api, ia meminta kepada seluruh masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.
Viral, Video Tiga Polwan di Riau Seminggu Padamkan Api di Lahan Gambut (75215)
ISTIRAHAT sejenak di atas batang pohon yang tumbang akibat hangus terbakar di lokasi Karhutla Sungai Teritip, Kateman, Inhil.
"Stop buka lahan dengan cara membakar, demi anak dan cucu kita," pungkas Rosna.
Laporan: AULIA RONI TUAH
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white