Konten dari Pengguna

Sumur Hantu Okiku-ido

Selidik
"Hanya ada satu kebenaran yang pasti," Conan Edogawa
25 Mei 2018 17:18 WIB
clock
Diperbarui 14 Maret 2019 21:08 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Selidik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumur Hantu Okiku-ido
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sumur yang terkenal di negara Jepang ini memiliki kisah mistis yang melegenda. Okiku-ido berada di Puri Himeji, Prefektur Hyogo, Jepang. Sumur Okiku-ido bisa ditemukan di halaman kompleks puri, sumur tersebut di halangi oleh kawat dan dikelilingi tonggak-tonggak batu agar para pengunjung terlindungi apa bila ingin mengintip ke dalam surmur.
ADVERTISEMENT
Kabarnya sumur ini merupakan tempat bersemayam arwah Okiku, ialah seorang gadis cantik yang di bunuh oleh majikannya sendiri dan di lempar ke dalam sumur. Menurut mitos yang beredar di kabarkan Okiku adalah seorang pelayan yang menghilangkan satu dari sepuluh benda pusaka milik majikannya. Dan atas Hal itulah Okiku di hukum mati dan jasatnya di lempar kedalam sumur.
Sumur Hantu Okiku-ido  (1)
zoom-in-whitePerbesar
Dan sejak kejadian itu, menurut kabar yang beredar setiap malam terdengar suara Okiku yang menghitung benda pusaka sambil meratap dan pada saat hitungannya yang ke sembilan, suaranya berubah menjadi tangisan yang memilukan. Konon, katanya suara itu akan tenang bilamana ada yang berteriak ‘sepuluh’ dari atas sumur untuk melengkapi hitungannya.
Dan kisah Okiku berkembang hingga menjadi cerita rakyat yang terkenal di Jepang. Bahkan cerita hantu Okiku-ido di angkat ke dalam sebuah teater Kabuki dan populer dengan judul Banco Sarayashiki.
ADVERTISEMENT