Mahasiswa Baru, Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Daftar Organisasi di Kampus

Mahasiswi tingkat semester 3 jurusan Marketing Communication di BINUS University
Konten dari Pengguna
9 Februari 2023 8:13
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Selma Andjani Mahanum tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mahasiswa. Foto: shutterstock
ADVERTISEMENT
Perpindahan dari lingkungan sekolah ke universitas untuk mahasiswa baru merupakan hal yang cukup sulit. Tidak heran jika mahasiswa baru mengalami kesulitan dalam beradaptasi di lingkungan baru dan kurang mengerti dengan membuat pilihan untuk kegiatan di kuliahnya.
ADVERTISEMENT
Salah satu dilema yang sering kali terjadi pada banyak dari mahasiswa baru ialah menentukan aktivitas yang layak atau worth it untuk diikuti selama masa perkuliahan.
Aktivitas di luar mata kuliah yang sangat populer dilakukan oleh para mahasiswa merupakan bergabung dalam suatu organisasi. Bergabung dalam suatu organisasi di kuliah bisa membawa banyak manfaat kepada para mahasiswa dan mahasiswi.
Namun, banyak yang masih ragu atau tidak yakin dengan pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum seseorang bergabung dan berkomitmen kepada suatu organisasi di masa kuliahnya.
Maka dari itu, artikel ini akan membahas beberapa poin yang layak untuk dipertimbangkan oleh para mahasiswa dan mahasiswi baru dalam menentukan masa awal perkuliahan mereka.

1. Jangka Waktu Organisasi

Ilustrasi mahasiswa sedang mengerjakan tugas. Foto: BongkarnGraphic/Shutterstock
Dalam mengikuti suatu organisasi ataupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), mayoritas dari suatu universitas akan memiliki peraturannya sendiri untuk menentukan jangka semester diperbolehkannya suatu mahasiswa untuk mengikuti organisasi atau UKM tersebut.
ADVERTISEMENT
Banyak dari universitas yang hanya memperbolehkan mahasiswa untuk mengikuti suatu kegiatan di luar mata kuliah wajib di semester dan jangka waktu tertentu.
Maka dari itu, penting bagi para mahasiswa untuk mencari informasi yang jelas tentang peraturan tersebut. Jika mahasiswa masih ragu untuk bergabung dalam suatu organisasi atau UKM di semester pertama mereka, maka mereka masih bisa mempertimbangkannya untuk bergabung di semester lainnya selama masih diperbolehkan.

2. Kesibukan yang Akan Dihadapi

com-Ilustrasi jam weker untuk mengatur waktu kerja. Foto: Shutterstock
Menjalani perkuliahan di semester pertama dapat menjadi suatu hal yang mengejutkan bagi para mahasiswa baru karena perbedaan sistem belajar dari masa sekolah. Di sekolah, jadwal mata pelajaran bisa cukup padat dan dijalani full dari pagi hingga sore.
Namun, jadwal perkuliahan dapat terkesan lebih luang dan mahasiswa hanya diwajibkan datang ke kampus di waktu kuliah mereka.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, terkadang perkuliahan dapat terasa cukup kosong jika suatu mahasiswa tidak melakukan kegiatan lain di luar mata kuliah wajib. Mengikuti suatu organisasi atau UKM akan membantu para mahasiswa untuk mengisi kekosongan tersebut dengan hal yang bermanfaat.
Akan tetapi, para mahasiswa pun harus tetap berhati-hati dengan kesibukan yang mungkin terjadi jika kita mengikuti suatu organisasi atau UKM. Kesibukan yang diikuti memang bisa bermanfaat, seperti membantu meningkatkan time management skill, tetapi jangan sampai kesibukan tersebut mengganggu perkuliahan.

3. Manfaat yang Didapatkan

Ilustrasi mahasiswa. Foto: Shutterstock
Tidak seperti magang atau part time job, organisasi 'membayar' mahasiswa tidak dengan gajian melainkan pengalaman. Meskipun begitu, mengikuti suatu organisasi atau UKM sangat efektif dalam membantu suatu mahasiswa untuk mengembangkan soft skills maupun hard skills yang mungkin saja tidak dapat diasah dengan hanya mengikuti perkuliahan wajib.
ADVERTISEMENT
Tentu kegiatan perkuliahan wajib akan membantu para mahasiswa dalam memperluas pengetahuannya berdasarkan jurusan yang mereka pilih.
Namun, organisasi merupakan media yang sangat tepat jika suatu mahasiswa ingin mengembangkan dan mengasah kemampuan lainnya.
Tak hanya itu, mayoritas dari suatu organisasi terbuka untuk segala jurusan. Maka dengan bergabung organisasi, maka suatu mahasiswa juga dapat memperbanyak teman dan koneksi mereka dari jurusan lain juga.
com-Ilustrasi Lulus Kuliah Foto: Shutterstock
Jadi jika kita mau mendapatkan manfaat dan keuntungan di luar dari jurusan kita sendiri, maka bergabung dalam suatu organisasi atau UKM merupakan pilihan yang tepat.
Secara kesimpulan, para mahasiswa baru harus bijak dalam mempertimbangkan poin-poin di atas dalam menentukan aktivitas yang mereka ingin lakukan selama masa pertama perkuliahan mereka.
ADVERTISEMENT
Bergabung dalam suatu organisasi memang mempunyai banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh mahasiswa. Akan tetapi, perlu komitmen besar dan pertimbangan yang perlu dipikirkan agar para mahasiswa dapat tetap menjalani kegiatan kuliah wajib dengan baik dan seimbang.