Profil Dan Peta Desa, Jadikan Perencanaan Pembangunan Makin Efektif

Selvi Agustiani
Mahasiswa Aktif Program Studi Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan, Fakultas Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro
Konten dari Pengguna
7 Februari 2024 8:42 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Selvi Agustiani tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT

Profil dan Peta Desa Cara Cerdas Temukan Potensi Desa: Mahasiswa KKN UNDIP

Pemeriksaan Profil Wilayah dan Album Peta Desa Temuwangi oleh PJ Kepala Desa Temuwangi
Kabupaten Klaten (22/01/2024) - KKN Tim I Universitas Diponegoro melakukan program kerja Monodisiplin di Desa Temuwangi, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten Penyusunan Profil dan Album Peta Desa Temuwangi dengan target sasaran Masyarakat dan Pemerintah Desa Temuwangi.
ADVERTISEMENT
Program ini dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Terapann Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan Selvi Agustiani, salah satu mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro. Menurutnya, Profil dan Album Peta Desa perlu dimiliki setiap desa, dikarenakan Profil dan Album Peta Desa tidak hanya berisi mengenai informasi dalam bentuk tulisan, namun juga terdapat data spasial yang divisualisasikan dalam bentuk peta serta profil desa sebagai identitas desa.
Seiring dengan perkembangan zaman, digitalisasi yang terjadi juga diperlukan dalam menunjang keberjalanan pemerindahan desa. Desa setiap tahun mengalami perkembangan yang tentunya membutuhkan perencanaan Pembangunan. Profil dan Peta Desa berisikan informasi yang diperlukan dalam perencanaan pembangunan desa, sehingga dapat mempermudah proses perkembangan desa. Profil desa merupakan salah satu identitias desa yang perlu dimiliki dan dikemas secara informatif oleh desa.
ADVERTISEMENT
Selvi Agustiani dengan karya Profil Wilayah dan Album Peta Desa Temuwangi
Tidak semua desa memiliki informasi spasial yang dikemas dalam bentuk peta maupun profil. Proses penyusunan profil dan album peta ini melibatkan unsur pemerintah dan masyarakat desa, selain itu disertai dengan proses observasi lapangan. Data dan informasi yang didapatkan tentunya lebih valid, selain itu potensi dari Desa Temuwangi dapat terlihat. Pembuatan profil dan peta desa secara tidak langsung juga melengkapi kebutuhan desa terkait dengan penegasan batas desa, dusun, RW, dan RT. Selain itu, potensi dan tingkat perkembangan desa dapat teridentifikasi melalui profil desa ini.
ADVERTISEMENT
Profil dan Album Peta Desa yang disusun dengan melibatkan pemerintah dan masyarakat Desa Temuwangi ini diharapkan dapat membantu pemerintah desa dalam perencanaan desa, baik dari segi fisik alam, penggunaan lahan, infrastruktur, kependudukan, maupun administrasi. Perencanaan desa yang didasarkan data yang terintegrasi dari profil dan peta desa ini akan lebih valid dan tentunya dapat meningkatkan branding Desa Temuwangi.
Penulis :
Selvi Agustiani (Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan, Sekolah Vokasi)
Dosen Pembimbing :
Lokasi :
Desa Temuwangi, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten
#p2kkn #KKNUndipTim1 #lp2kknundip #lppmundip #undip
ADVERTISEMENT
Tags: Peta, Profil, Desa