3 Desa Unik di Bali beserta Masing-Masing Daya Tariknya

Seputar Bali
Mengulas serba serbi kota Bali, mulai dari pariwisata hingga budayanya.
Konten dari Pengguna
4 Maret 2024 14:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Bali tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Desa Unik di Bali. Sumber: unsplash.com/ Ruben Hutabarat
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Desa Unik di Bali. Sumber: unsplash.com/ Ruben Hutabarat
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Terdapat beberapa desa unik di Bali yang difungsikan sebagai tempat wisata. Setiap desa memiliki daya tariknya masing-masing. Salah satu desa paling terkenal di Bali, yaitu Desa Penglipuran.
ADVERTISEMENT
Desa tersebut dianggap sebagai desa terbersih dan kental dengan budaya Bali. Sehingga menjadi tujuan wisata yang banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah dan negara.

Rekomendasi Desa Unik di Bali untuk Destinasi Wisata

Ilustrasi Desa Unik di Bali. Sumber: unsplash.com/ Ruben Hutabarat
Mengunjungi desa-desa di Bali menjadi aktivitas yang seru karena akan menambah wawasan budaya. Di desa tersebut, pengunjung bisa diketahui tradisi warga setempat dan keragaman bentuk bangunan hingga mata pencahariannya.
Di bawah ini rekomendasi desa unik di Bali yang layak dikunjungi untuk berwisata dan belajar budaya Bali.

1. Desa Tegallalang

Desa Tegallalang berada di kawasan Ubud dan dekat dengan situs peninggalan sejarah Gua Gajah. Daya tarik desa ini terletak pada pemandangan alamnya yang didominasi oleh terasering sawah.
Sejauh mata memandang, hamparan persawahan yang bertingkat nampak jelas. Hal tersebut dikarenakan kawasan ini memiliki banyak bukit sehingga memiliki ketinggian agak lebih besar dibandingkan kawasan perkotaan.
ADVERTISEMENT
Mayoritas mata pencaharian warga adalah petani. Pengunjung bisa belajar mengenai pertanian di desa ini.

2. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran menjadi desa terkenal paling bersih di Bali sampai mendapatkan pengakuan dari UNESCO. Lokasinya ada di Jl. Penglipuran, Kubu, Kec. Bangli, Kabupaten Bangli, Bali 80611.
Daya tarik desa ini selain kebersihannya adalah arsitektur bangunannya yang khas. Banyak spot foto instagramable di sini yang bisa dijelajahi.
Sejarah desanya sudah dituliskan di papan yang diletakkan di area wisata, pengunjung bisa membacanya sendiri sebagai tambahan wawasan. Di sini, pengunjung bisa menyewa baju adat bali untuk berfoto sehingga momennya akan sangat tak terlupakan.

3. Desa Wisata Pinge

Mengutip dari situs jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Wisata Pinge berada di Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Di sini banyak warung makan yang bisa dicoba kulinernya.
ADVERTISEMENT
Desa Pinge memiliki daya tarik berupa edukasi kehidupan tradisional ala pedesaan di Bali yang diajarkan kepada pengunjung. Ada edukasi bertani, menanam padi, dan lain sebagainya yang akan sangat seru untuk dicoba saat berada di sini.
Tiga desa unik di Bali yang telah diulas di atas dapat menjadi tujuan wisata yang menambah wawasan budaya dan dapat dikunjungi setiap hari. (IMA)