5 Transportasi di Badung yang Nyaman dan Ekonomis

Seputar Bali
Mengulas serba serbi kota Bali, mulai dari pariwisata hingga budayanya.
Konten dari Pengguna
29 Desember 2023 15:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Bali tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Transportasi di Badung, sumber: unsplash/RizkiRamadhan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Transportasi di Badung, sumber: unsplash/RizkiRamadhan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada beberapa transportasi di Badung Bali yang bisa dipilih untuk melakukan perjalanan. Transportasi tersebut bisa menjadi pilihan yang efisien bagi masyarakat lokal maupun wisatawan dari luar daerah.
ADVERTISEMENT
Seperti yang diketahui, Badung adalah salah satu kabupaten di Bali yang mencakup Kuta dan Nusa Dua. Daerah ini terkenal dengan objek wisatanya yang beragam, seperti Waterbom Bali, Candi Uluwatu, Garuda Wisnu Kencana, dan masih banyak lagi.

Transportasi di Badung

Ilustrasi Transportasi di Badung, sumber: unsplash/ErikMcclean
Mengutip buku Bahan Ajar Hukum Kepariwisataan dan Pluralisme Lokal oleh Isharyanto, dkk (2019), daerah utara Kabupaten Badung berupa kawasan pegunungan, sedangkan wilayah selatan merupakan pantai berpasir putih. Berikut adalah beberapa transportasi di Badung yang bisa dipilih untuk menunjang mobilitas:

1. Sewa Motor dan Mobil

Bagi wisatawan yang ingin bepergian ke banyak tempat wisata, salah satu transportasi yang bisa digunakan adalah motor atau mobil sewaan.
Menyewa motor atau mobil memiliki sejumlah benefit, di antaranya yaitu menghemat bujet, mempersingkat waktu, dan lebih fleksibel. Tidak hanya itu, transportasi ini juga memberikan kenyamanan tersendiri karena tidak ada penumpang asing di dalamnya.
ADVERTISEMENT
2. Travel
Daerah Badung juga memiliki banyak jasa travel yang mendukung kegiatan mobilitas. Transportasi ini bisa dipilih saat jumlah penumpang yang ikut bepergian cukup banyak. Umumnya, travel digunakan untuk kebutuhan tur kantor, instansi, atau umum.

3. Bus

Jika ingin mengendarai transportasi umum, wisatawan bisa menaiki bus untuk bepergian. Penumpang bisa menunggu bus di beberapa titik pemberhentian atau datang langsung ke Terminal mengwi yang berada di Kabupaten Badung.

4. Transportasi Online

Seperti daerah-daerah lainnya, Badung juga memiliki jasa transportasi online. Jasa tersebut bernama BAGO yang merupakan bentuk inovasi dari Pemerintah Daerah di Kabupaten badung.
Layanan ini hadir sejak masa pandemi Covid-19. Dengan menggunakan layanan ini, maka perjalanan yang dilakukan akan semakin efisien.

5. Perahu

Bagi masyarakat yang ingin melakukan mobilitas jarak dekat menggunakan transportasi air, maka perahu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bepergian. Salah satu rute yang bisa dipilih adalah Canggu-Uluwatu yang memakan waktu sekitar 40 menit perjalanan.
ADVERTISEMENT
Beberapa transportasi di Badung Bali yang disebutkan di atas bisa dipilih untuk menemani perjalanan. Dengan begitu, mobilitas yang dilakukan akan semakin efisien. (DLA)