Daya Tarik Pasar Seni Sukawati beserta Info Jam Buka dan Cara ke Lokasi

Seputar Bali
Mengulas serba serbi kota Bali, mulai dari pariwisata hingga budayanya.
Konten dari Pengguna
5 November 2023 14:11 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Bali tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pasar Seni Sukawati   Sumber Unsplash/Fadil Iqbal
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pasar Seni Sukawati Sumber Unsplash/Fadil Iqbal
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pasar Seni Sukawati adalah pasar paling populer di Bali yang terkenal hingga ke mancanegara. Pasar ini dikenal sebagai tempat membeli barang-barang kerajinan seni dengan harga murah.
ADVERTISEMENT
Di pasar ini ada ratusan pedagang seni berkumpul menjajakan barang kerajinan, mulai dari patung kayu, lukisan, kaos, celana pendek, tas, sandal, dan banyak lagi. Motifnya unik dan khas Bali.

Daya Tarik Pasar Seni Sukawati

Ilustrasi Pasar Seni Sukawati Sumber Unsplash/Cn0ra
Pasar Seni Sukawati sering dijadikan tempat berburu oleh-oleh bagi wisatawan. Daya tarik yang dimilikinya adalah sebagai berikut.

1. Bisa Menawar Harga

Seperti halnya dengan pasar lainnya, di pasar seni ini, pembeli masih bisa menawar harga. Pembeli dapat menawar sekitar sepertiga harga, sebab biasanya para pedagang selalu membuka harga tinggi untuk semua jenis barangnya.

2. Beragam Kerajinan Seni

Pasar Sukawati memang diperuntukkan bagi para pedagang barang-barang seni. Barang seni tersebut didapatkan dari desa-desa di sekitar wilayah Bali.
Belanja murah di Sukawati juga harus tetap memerhatikan kualitas barang. Cek dengan teliti kondisinya sebelum membeli.
ADVERTISEMENT

3. Memiliki Arsitektur Khas Bali

Meskipun baru selesai direvitalisasi dan kini memiliki tiga blok bangunan, pasar seni ini tetap mempertahankan arsitektur dan kearifan lokalnya. Hampir di setiap sudutnya, pasar ini dihias dengan ornamen khas Bali.

Cara Menuju Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati. Sumber: pexels.com
Pasar Seni Sukawati terletak sekitar 30 kilometer di timur Denpasar. Dikutip dari Jalan-Jalan Bali, Maria Ekaristi, Agung Bawantara (2009:88), pasar ini dapat ditempuh sekitar 40 menit naik kendaraan dari Kuta.
Letak pasar ini ada di pinggir Jalan Raya Sukawati yang merupakan akses utama dari Denpasar menuju Gianyar. Jika melaju dari arah Denpasar, maka pasar seni ada di sebelah kiri jalan.
Bagi wisatawan yang berkendara dari arah Bandara I Gusti Ngurah Rai, maka rute yang disarankan adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Pasar Seni Sukawati merupakan tempat dijualnya kerajinan karya seni khas Bali. Beragam produk dengan harga miring yang ditawarkan menjadikan pasar ini dikenal sebagai pusat belanja oleh-oleh. (DIK)