Jaran Hill, Tempat Terbaik Menikmati Matahari Terbenam di Bali

Seputar Bali
Mengulas serba serbi kota Bali, mulai dari pariwisata hingga budayanya.
Konten dari Pengguna
17 Februari 2024 13:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Bali tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Jaran Hill, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Polina Kuzovkova
zoom-in-whitePerbesar
Jaran Hill, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Polina Kuzovkova
ADVERTISEMENT
Jaran Hill menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang ada di Bali. Tempat ini menawarkan pemandangan sunset yang indah dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Bali: The Island Of Beauty, Rijal Fahmi Mohamadi, (2012:40), Bali memang memiliki banyak tempat menarik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Mulai dari yang populer seperti pantai, hingga yang tersembunyi, seperti di perbukitan.

Lokasi dan Cara ke Jaran Hill Sebagai Panduan Perjalanan

Jaran Hill, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Steph Smith
Jaran Hill menjadi salah satu tempat menikmati matahari terbenam yang tersembunyi karena letaknya yang di perbukitan. Lokasinya ada di kawasan Uluwatu tepatnya di Jalan Pantai Suluban, Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.
Tempat wisata ini dekat dari lokasi Pura Luhur Uluwatu yakni hanya 1,7 km. Caranya hanya dengan melewati Jalan Pantai Suluban dan belok kiri menuju Jalan Batu Jaran. Sementara jika dari pusat Kota Denpasar, tempat ini bisa berjarak sekitar 32 km dengan waktu tempuh mencapai 1 jam 15 menit.
ADVERTISEMENT
Untuk mencapai lokasi bukit ini terdapat akses yang berbatu dan wisatawan perlu melakukan hiking terlebih dahulu. Walau begitu, setelah tiba di puncak bukit wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan memanjakan mata.

Daya Tarik dan Harga Tiket Masuk di Jaran Hill

Jaran Hill, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Francesco La Corte
Destinasi wisata satu ini menghadirkan pemandangan alam yang indah dari puncak bukit. Jika datang di siang hari, wisatawan bisa melihat pemandangan Pantai Bingin dan Pantai Dreamland yang indah.
Sementara jika datang di sore hari menjelang malam, maka pemandangan matahari terbenam bisa dinikmati dari puncak bukit. Pemandangan tersebut sangatlah indah dengan perpaduan laut lepas dan langit yang berubah warna.
Tidak heran jika setiap harinya tempat ini selalu ramai oleh wisatawan yang ingin menikmati pemandangan indah tersebut. Wisatawan juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto di puncak bukit.
ADVERTISEMENT
Menariknya wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan alam dari atas bukit ini. Jadi, wisatawan bisa datang secara gratis, tetapi tetap menjaga keasrian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan selama berada di atas bukit.
Dengan pesona yang ditawarkan oleh Jaran Hill, tempat ini menjadi spot yang wajib dikunjungi jika ingin menikmati pemandangan matahari terbenam yang cantik. Selain itu, pemandangan alam berupa pantai hingga Pura Uluwatu juga bisa turut disaksikan dari bukit ini. (PRI)