Menilik Keindahan Gate of Heaven Bali atau Pura Luhur Lempuyang

Seputar Bali
Mengulas serba serbi kota Bali, mulai dari pariwisata hingga budayanya.
Konten dari Pengguna
2 Maret 2024 14:35 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Bali tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Gate of Heaven Bali. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Aron Visuals
zoom-in-whitePerbesar
Gate of Heaven Bali. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Aron Visuals
ADVERTISEMENT
Bali dikenal sebagai Pulau Seribu Pura. Sebab, di pulau ini, ada banyak pura yang digunakan masyarakat Hindu untuk melakukan ibadah. Salah satu pura dengan pemandangan indah adalah Pura Luhur Lempuyang yang dijuluki sebagai Gate of Heaven Bali.
ADVERTISEMENT
Di balik keindahan pemandangannya, pura ini memiliki cerita sejarah yang menarik untuk dipelajari. Salah satu cerita yang melatarbelakangi berdirinya pura ini adalah cerita Bhatara Tiga.

Sejarah Pura Luhur Lempuyang yang Dikenal Gate of Heaven Bali

Gate of heaven Bali. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/cait
Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Karangasem, v2.karangasemkab.go.id, Pura Luhur Lempuyang memiliki sejarah yang panjang. Diperkirakan pura telah ada sejak abad ke-10.
Pura ini merupakan bagian dari “Sad Kahyangan” atau enam pura utama di Bali yang dianggap sebagai pilar spiritual Pulau Dewata. Penamaan pura ini berasal dari kata lampu yang artinya adalah sinar dan hyang yang artinya adalah tuhan.
Sehingga Pura Luhur Lempuyang menggambarkan sinar suci Tuhan yang terang benderang. Hal ini didukung dengan lokasinya yang berada di timur Pulau Bali, di mana menjadi tempat yang pertama kali menerima sinar matahari untuk memberikan penerangan bagi kehidupan.
ADVERTISEMENT
Pura ini dipercaya sebagai pintu gerbang menuju nirwana atau dunia spiritual. Dalam cerita yang berkembang, para dewa dan roh suci turun ke bumi melalui pura ini.

Keindahan Pura Luhur Lempuyang atau Gate of Heaven Bali

Gate of heaven. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Aron Visuals
Jika berkunjung ke pura ini, baik untuk beribadah maupun sekadar berwisata, maka akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa indah. Keindahan tersebut bukan hanya dari alam sekitar, tetapi juga dari arsitektur bangunannya.

1. Memiliki Banyak Anak Tangga

Ketika pengunjung baru datang ke kompleks pura ini, maka akan langsung disuguhkan dengan pemandangan banyak anak tangga yang digunakan sebagai jalan masuk menuju ke pura. Untuk mencapai Pura Lempuyang, pengunjung setidaknya harus melewati 1.700 anak tangga.

2. Indahnya Gate of Heaven

Gate of Heaven adalah bagian yang paling banyak dikunjungi ketika datang ke komplek pura ini. Hal ini karena dari tempat ini pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah serta bisa berfoto di tengah gerbang yang seolah-olah berada di atas awan.
ADVERTISEMENT

3. Sunset Point yang Memukau

Pura ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam atau sunset di Bali. Jadi, ketika datang ke komplek pura ini, jangan sampai melewatkan kesempatan berharga ini. Apalagi ketika cuaca sedang cerah.
Itulah ulasan mengenai sejarah dan keindahan dari Pura Luhur Lempuyang yang juga dijuluki sebagai Gate of Heaven Bali. Julukan tersebut muncul karena salah satu bagiannya seperti gerbang menuju ke surga. (WWN)