Konten dari Pengguna

Sejarah Pantai Melasti Bali dan 4 Daya Tariknya

Seputar Bali
Mengulas serba serbi kota Bali, mulai dari pariwisata hingga budayanya.
24 Maret 2024 14:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Bali tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sejarah Pantai Melasti Bali. sumber: unsplash.com/ Gede Yoga
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sejarah Pantai Melasti Bali. sumber: unsplash.com/ Gede Yoga
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pantai Melasti menjadi salah satu pantai terkenal di Bali yang kerap dijadikan destinasi wisata. Ternyata ada sejarah Pantai Melasti Bali yang menarik untuk diketahui.
ADVERTISEMENT
Tempat tersebut juga memiliki sederet daya tarik yang membuat pengunjung ingin berkunjung ke sana. Salah satunya, yaitu suasananya yang menenangkan dan strategis.

Sejarah Pantai Melasti Bali

Ilustrasi Sejarah Pantai Melasti Bali. sumber: unsplash.com/ Gede Yoga
Sejarah Pantai Melasti Bali sudah mulai ada sejak abad ke-14. Menurut Majalah Arçaka #14: Ar(sea)tecture, Arçaka (2022:22), Pantai Melasti dikenal sebagai tempat prosesi upacara adat dan tempat beraktivitas bagi bendega oleh masyarakat Bali.
Nama pantai ini terinspirasi dari kebiasaan umat Hindu yang melakukan upacara melasti atau pembersihan yang sering dilakukan di sini. Biasanya, upacara tersebut akan digelar sebelum perayaan Nyepi.
Pantai ini dipilih sebagai lokasi upacara melasti lantaran umat Hindu yang tinggal di daerah dengan topografi tebing curam akan kesulitan melakukan ibadah. Sehingga dipilihlah daerah yang landai di pantai tersebut.
ADVERTISEMENT
Oeh karena itulah, pada tahun 2010 dilakukan penataan kawasan Pantai Melasti untuk memudahkan umat Hindu melakukan upacara sekaligus mengembangkan potensi wisata yang dimilikinya.

Daya Tarik Pantai Melasti

Ilustrasi Sejarah Pantai Melasti Bali. sumber: unsplash.com/ Gede Yoga
Potensi wisata yang dimiliki Pantai Melasti cukup besar sehingga mulai dibangun daya tarik buatan yang dilakukan oleh masyarakat. Selain itu, pantai ini juga memiliki daya tarik alami yang sudah ada sejak dulu, berikut ini penjelasannya.

1. Fasilitas Foto Prewedding

Pantai ini menyediakan fasilitas foto prewedding dengan kendaraan yang bisa disewa. Ada ruang ganti, ruang makeup, dan pendukung lainnya, yang memudahkan calon pasangan pengantin untuk melakukan sesi pemotretan pranikah.

2. Deretan Patung Dewi

Di pantai ini, terdapat deretan patung dewi berwarna putih dengan pakaian menyerupai wayang. Spot ini bisa dijadikan spot foto bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan momen di Pantai Melasti.
ADVERTISEMENT

3. Tebing dengan Tulisan Pantai Melasti

Spot foto yang tidak boleh dilewatkan saat berada di sini yaitu tebing yang bertuliskan "Pantai Melasti". Keberadaannya menjadi ikon tersendiri di pantai ini yang menarik pengunjung untuk swafoto.

4. Suasana Tenang di Hamparan Pasir Putih

Meskipun terkenal, pantai ini memiliki suasana tenang asalkan saat berkunjung tidak bertepatan pada hari upacara melasti. Dengan hamparan pasir putihnya yang halus, pantai ini cocok untuk bersantai sambil menikmati lautan.
Itulah sejarah Pantai Melasti Bali beserta dengan daya tariknya yang membuatnya menjadi salah satu pantai terkenal di Bali. (IMA)