4 Oleh-Oleh Ciwidey untuk Buah Tangan saat Liburan

Seputar Bandung
Menyediakan informasi serba serbi Bandung, mulai dari travel, kuliner, sejarah, dan lainnya.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 15:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Bandung tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Oleh-Oleh Ciwidey, foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya, Pexels/Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Oleh-Oleh Ciwidey, foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya, Pexels/Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ciwidey merupakan kawasan wisata di Bandung yang memiliki pemandangan alam apik dan sejuk. Saat berwisata ke tempat ini, tentu akan kurang jika tidak membawa oleh-oleh Ciwidey sebagai buah tangan.
ADVERTISEMENT
Beberapa oleh-oleh tersebut bisa didapatkan dari kawasan wisata. Selain itu, wisatawan juga bisa mendapatkan buah tangan di toko khusus oleh-oleh yang ada di Ciwidey.

4 Oleh-Oleh Ciwidey yang Bisa Dibawa Pulang

Oleh-Oleh Ciwidey, foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya, Pexels/Irita Antonevica
Mengutip dari 100+ Kesalahan dalam Haji dan Umrah, Prof. DR. H. Nasaruddin Umar, oleh-oleh adalah budaya setiap orang ketika bepergian ke luar kota maupun luar negeri. Jika sedang berlibur ke Ciwidey, berikut ini daftar oleh-oleh Ciwidey yang bisa dibawa pulang oleh wisatawan.

1. Buah Strawberry

Strawberry merupakan buah yang tumbuh di dataran tinggi, salah satunya di Ciwidey. Selama perjalanan ke kawasan wisata di Ciwidey, wisatawan akan menemukan banyak perkebunan strawberry miliki warga lokal.
Hal ini menjadikannya sebagai buah tangan khas Ciwidey yang bergizi. Buah ini bisa didapatkan di perkebunan masyarakat, toko oleh-oleh, hingga wisata khusus petik strawberry.
ADVERTISEMENT

2. Bandrek

Sebagai daerah yang terkenal dengan hawa dinginya, tempat ini mempunyai minuman khusus untuk menghangatkan diri, bandrek namanya. Minuman ini bisa ditemukan di sepanjang jalan ketika datang ke Ciwidey.
Sebagai informasi, minuman ini terbuat dari lada, jahe, gula aren, dan rempah-rempah lain. Hal ini menjadikan Bandrek sebagai oleh-oleh khas yang menyehatkan untuk tubuh.

3. Manisan Buah

Oleh-oleh khas Ciwidey lainnya adalah manisan buah. Manisan ini menjadi kudapan segar warga sekitar, terutama bagi yang menyukai makanan pedas dan masam. Di daerah ini, wisatawan bisa memilih beberapa manisan yang lezat, mulai dari manisan nanas, pepaya, salah, strawberry, kedondong, dan lainnya.

4. Borondong

Borondong merupakan makanan khas yang terbuat dari jagung sangrai atau beras ketan. Makanan ini diolah tanpoa menggunakan minyak dan disajikan dengan gula merah cair atau kinca. Makanan khas ini cocok dijadikan oleh-oleh khas Ciwidey yang lezat dan otentik.
ADVERTISEMENT
Selain itu, makanan ini juga bisa dibeli dalam beberapa jenis, seperti borondong enten, garing, dan lainnya. Perbedaan setiap jenis makanan ini bisa dilihat dari proses pembuatan dan bentuk borondong.
Demikian ulasan mengenai oleh-oleh Ciwidey yang bisa dijadikan buah tangan ketika liburan. Setiap oleh-oleh tersebut menawarkan rasa yang khas dan enak. (AIN)