Curug Congeang: Wisata Alam Tersembunyi yang Asri

Seputar Bandung
Menyediakan informasi serba serbi Bandung, mulai dari travel, kuliner, sejarah, dan lainnya.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 14:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Bandung tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Curug Congeang. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber foto: Unsplash/Fadhel
zoom-in-whitePerbesar
Curug Congeang. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber foto: Unsplash/Fadhel
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Selain wisata alam perbukitan, Pangalengan juga memiliki destinasi curug, salah satunya Curug Congeang. Curug ini merupakan salah satu wisata di Pangalengan yang asri dan suasananya sejuk.
ADVERTISEMENT
Cocok sekali bagi para pengunjung yang ingin menikmati segarnya air saat hawa panas. Terlebih lagi lokasi di sekitar wisata ini dipenuhi dengan pepohonan yang rindang.

Menjelajahi Curug Congeang yang Asri dan Sejuk

Curug Congeang. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber foto: Unsplash/Hanandhito
Dikutip dari buku Jejak Keruh, Hamzah (2008: 68), curug berarti air terjun. Sangat banyak sekali curug indah yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, termasuk di Pangalengan.
Sebagian besar destinasi curug di Pangalengan berada di tengah hutan. Para pengunjung bisa menikmati hamparan pepohonan yang rindang saat perjalanan menuju curug. Salah satu curug yang patut dikunjungi para pengunjung adalah Curug Congeang.
Curug ini merupakan satu curug di Pangalengan yang lokasinya masih jarang diketahui. Curug satu ini terletak tidak jauh dari Curug Mega. Jadi para pengunjung bisa sekalian ke sini untuk menjajal sensasi deburan air terjunnya.
ADVERTISEMENT
Karena belum banyak penjual makanan yang tersedia disini, para pengunjung bisa membawa bekal. Asalkan tetap menjaga kelestarian lingkungan dan dilarang keras membuang limbah di area ini.
Selain itu ada juga yang berkunjung ke curug ini untuk berkemah. Jika ingin berkemah, para pengunjung cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp5.000 per orang.
Jika tidak membawa perlengkapan berkemah, pengunjung juga bisa menikmati area perkemahan dengan kapasitas sekitar 20 hingga 25 tenda. Satu bangunan pendopo ukuran sekitar 4 x 5 meter.
Lahan lapang di sekitar perkemahan biasa dipergunakan untuk api unggun. Biasanya para pendaki juga menitip kendaraannya disini dengan tarif Rp10.000 sekali bayar.
Wisata alam ini terletak di Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jika hampir sampai di lokasi curug ini, pengunjung bisa tanya lokasi pastinya kepada penduduk setempat.
ADVERTISEMENT
Demikianlah informasi menarik seputar Curug Congeang yang merupakan salah satu wisata di Pangalengan yang asri dan suasananya sejuk. Namun, untuk menuju destinasi ini perlu tenaga yang kuat karena medannya yang tergolong berat. (Gin)