Puncak Sulibra, Wisata Spot Sunrise dan Sunset Terbaik di Bandung

Seputar Bandung
Menyediakan informasi serba serbi Bandung, mulai dari travel, kuliner, sejarah, dan lainnya.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 13:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Bandung tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Puncak Sulibra. Foto hanyalah ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Joel & Jasmin Førestbird
zoom-in-whitePerbesar
Puncak Sulibra. Foto hanyalah ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Joel & Jasmin Førestbird
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Puncak Sulibra merupakan salah satu destinasi alam yang menarik dikunjungi di Bandung. Ini adalah tempat favorit untuk kemah, karena memiliki spot sunrise dan sunset yang mengesankan.
ADVERTISEMENT
Dengan demikian, sangat cocok bagi pencinta alam untuk dijadikan tempat liburan yang menyenangkan. Pemandangannya indah dan memanjakan mata.

Asyiknya Menikmati Sunset dan Sunrise di Puncak Sulibra Artapela

Puncak Sulibra. Foto hanyalah ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Ravi Sharma
Dikutip dari laman repository.widyatama.ac.id, Puncak Sulibra adalah destinasi wisata berupa pendakian gunung yang ada di sekitar kawasan Pangalengan.
Puncak Bukit Gunung Artapela ini berada di ketinggian 2194 mdpl. Kendati berada di ketinggian, pendakian mencapai puncaknya tidak begitu sulit.
Dari titik awal pendakian, mendaki ke puncak ini hanya akan memakan waktu kurang lebih 3 jam. Inilah kenapa kalangan muda-mudi menyukai lokasi ini.
Sepanjang mendaki, pengunjung pun akan disuguhkan dengan view perkebunan atau para petani yang sedang beraktivitas. Puncak berupa kawasan tanah datar dengan rerumputan hijau yang segar ini sangat ideal untuk dijadikan area camping yang asyik.
ADVERTISEMENT
Pengunjung akan disuguhkan dengan fenomena keindahan alam yang mengesankan. Seperti matahari terbit atau sunrise yang dipenuhi lautan awan dan keindahan sunset atau langit senja di sore hari, terutama saat cuaca bagus.
Suguhan pemandangan dan suasana tenangnya sangat cocok untuk relaksasi.

Info HTM, Lokasi dan Jam Mendaki Puncak Sulibra Artapela

Puncak Sulibra. Foto hanyalah ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Austin Ban
Untuk menjelajahi keindahan puncak bukitnya, pengunjung akan dikenakan HTM yang cukup murah meriah, terutama jika pendakian dilakukan melalui via Cirawa.
Pengunjung akan diminta biaya retribusi jasa lingkungan sebesar Rp5.000 per orang. Sementara biaya parkir Rp5.000 kendaraan roda dua dan Rp15.000 kendaraan roda empat.
Adapun lokasi bukit ini berada di Kampung Cirawa, Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Bandung, hanya sekitar 1 jam 30 menitan atau 39 Km.
ADVERTISEMENT
Meskipun basecamp pendakian ini buka hingga 24 jam lamanya. Akan tetapi, waktu paling ideal untuk memulai keberangkatannya adalah saat pagi hari atau siang hari.
Sebagai wisata alam yang cocok untuk melihat view sunrise dan sunset, Puncak Sulibra adalah pilihan ideal bagi pencinta alam. Suasana tenang dan keindahannya cukup memanjakan. (INE)