10 Jenis Sayuran yang Boleh Dimakan Kucing dan Aman untuk Pencernaannya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 23:27 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sayuran untuk kucing. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sayuran untuk kucing. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Walaupun termasuk karnivora, ternyata kucing juga bisa memakan sayuran. Sayangnya, tidak semua jenis sayuran bisa dikonsumsi oleh mereka.
ADVERTISEMENT
Karena itu, penting bagi pemilik untuk mengetahui jenis sayuran yang boleh dan tidak dikonsumsi agar kesehatan kucing tetap terjaga. Simak pembahasannya di sini.

Jenis Sayuran yang Boleh Dimakan Kucing

Ilustrasi sayuran yang boleh dimakan kucing. Sumber foto: Unsplash
Dikutip dari laman Cats, kucing merupakan hewan karnivora, yakni suka memakan daging. Namun, tidak ada salahnya bagi pemilik untuk memberikan sayura, agar nutrisi kucing terpenuhi.
Sayangnya, tidak semua sayuran boleh dikonsumsi oleh kucing. Hanya ada beberapa sayuran yang memang baik untuk diberikan kepada mereka. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin K, serat, dan antioksidan. Karena itu, makanan ini dianggap baik untuk menu diet kucing.

2. Wortel

Wortel adalah makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata kucing. Namun, pastikan memberikannya dalam potongan kecil untuk menghindari risiko tersedak.
ADVERTISEMENT

3. Bayam

Bayam juga bisa dimakan oleh kucing, karena mengandung vitamin A, vitamin C, dan zat besi. Berbagai kandungan ini bagus untuk kesehatan tulang, mata, dan sistem kekebalan tubuh kucing.

4. Jagung

Jagung juga menjadi salah satu sayuran yang bagus untuk kucing karena mengandung vitamin B dan mineral seperti magnesium dan fosfor. Jagung bisa diberikan kepada kucing dalam jumlah kecil, agar tidak berdampak pada kesehatan mereka.

5. Pak Coy

Pak coy adalah sayuran berdaun hijau yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Namun, pastikan pak coy yang diberikan tidak terkena pestisida.

6. Kacang Hijau

Kacang hijau adalah sumber protein nabati yang baik bagi pencernaan kucing. Makanan ini bisa diberikan dalam keadaan matang agar sehat.

7. Kacang Polong

Kacang polong juga bisa diberikan kepada kucing karena memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan kucing. Sama seperti sayuran lain, makanan ini bisa digunakan sebagai pakan tambahan.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa sayuran yang bisa dikonsumsi oleh kucing dan aman untuk pencernaannya. (RN)