3 Jenis Anjing Poodle yang Paling Populer di Dunia

Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
28 Maret 2023 14:51
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jenis anjing poodle. Sumber Foto: Zen Chung.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jenis anjing poodle. Sumber Foto: Zen Chung.
Anjing poodle merupakan hewan peliharaan yang cukup populer di dunia. Dikutip dari Majalah Cat and Dog Edisi 20 Oktober-November (2016), salah satu alasan kenapa anjing poodle dilirik untuk dipelihara karena perawatannya tergolong mudah. Menariknya lagi, poodle juga terkenal pintar, cerdas, dan cepat dalam mempelajari hal baru.
Poodle berasal dari bahasa Jerman yang berarti percikan. Sedangkan secara ras, anjing poodle berasal dari keturunan anjing barbet Perancis yang telah disilangkan dengan anjing hungarian.
Makanya, tidak heran jika anjing poodle dijadikan sebagai hewan nasional di Perancis. Bahkan, populer sampai ke seluruh dunia.

Jenis Anjing Poodle

Ilustrasi jenis anjing poodle. Sumber foto: Pexels. Photographer: Slimmars 13.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jenis anjing poodle. Sumber foto: Pexels. Photographer: Slimmars 13.
Terdapat 3 jenis anjing poodle yaitu anjing poodle standar, anjing poodle mainan atau toy poodle, dan anjing poodle miniatur. Untuk mendapatkan penjelasan terkait ciri dan karakteristik dari masing-masing jenis anjing poodle, baca artikel di bawah ini.

1. Anjing Poodle Standar

Anjing poodle standar memiliki tinggi badan sekitar 45 sampai 60 cm, berat badan 20-32 kilogram. Dari sisi usia anjing poodle standar lebih tua daripada anjing toy poodle dan miniatur.
Keunikan lain dari anjing poodle standar adalah menyukai hal-hal yang sifatnya atletis atau aktifitas-aktifitas yang melibatkan fisik. Bahkan ia juga biasa diajak untuk beraktifitas di dalam air. Seperti; berenang, menyelam, belajar berjalan di air, dan lain sebagainya.

2. Toy Poodle

Toy Poodle memiliki bentuk fisik yang lebih pendek daripada poodle standar. Tinginya hanya mencapai sekitar 25 cm. Karena bentuk tubunya yang tergolong pendek, toy poodle memiliki kesulitas dalam melakukan aktivitas-aktivitas fisik.
Walaupun begitu, anjing poodle tetap menyukai kegiatan-kegiatan yang dilakukan di luar ruangan. Seperti jalan-jalan di taman, ke pantai, dan lain sebagainya.

3. Miniatur Poodle

Jenis anjing poodle yang ketiga adalah miniatur poodle. Anjing ini sangat direkomendasikan untuk dipelihara. Selain cerdas, mempesona, dan lincah, bulu miniatur poodle juga tidak mudah rontok.
Tidak kalah menarik dengan poodle standar dan toy poodle, miniatur poodle juga menyukai kegiatan-kegiatan diluar ruangan yang melibatkan fisik. Seperti mendaki, berlari-lari, dan lain sebagainya.
Itulah 3 jenis anjing poodle yang terkenal di dunia serta mudah dirawat. (DAI)