3 Tips Mancing di Laut Dasaran untuk Pemula secara Mudah

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 21:50 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tips mancing di laut dasaran, sumber foto: William McAllister by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tips mancing di laut dasaran, sumber foto: William McAllister by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Teknik mancing dasaran menjadi salah satu teknik paling banyak digunakan ketika memancing di laut. Namun, ada beberapa tips mancing di laut dasaran untuk pemula yang penting diketahui agar hasil tangkapan berlimpah.
ADVERTISEMENT
Menariknya, teknik ini memungkinkan pemancing untuk bersantai sambil menunggu umpan disambar ikan. Umpan yang dipakai juga bervariasi, mulai dari umpan hidup berupa udang, daging, ayam, hingga bekur sawah.
Dikutip dari buku Mancing: Bukan Sekedar Hobi karya AR Timurawan, di bawah ini ada beberapa tips penting mancing di laut dasaran.

Tips Mancing di Laut Dasaran

Ilustrasi tips mancing di laut dasaran, sumber foto: Jose Ricardo Barraza Morachis by pexels.com
Umumnya, teknik dasaran sangat sering digunakan untuk memancing ikan kerapu, kakap merah, dan sejenisnya di laut. Proses memancing ikan ini bisa dilakukan di atas kapal, perahu, hingga dipinggir pantai menggunakan teknik yang tepat.
Berikut adalah tips mancing di laut dasaran yang perlu diketahui:

1. Memasang Pemberat Timah pada Senar

Tips yang pertama, yaitu memasang pemberat timah pada senar, kemudian diikuti umpan yang dipasang di kail pancing. Cara ini memungkinkan umpan lebih cepat mencapai dasar laut agar bisa segera disambar ikan.
ADVERTISEMENT
Namun, pemberat yang dipakai tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan arus dan keadaan laut. Jika arusnya cukup kencang, gunakan pemberat yang lebih berat agar tidak mudah terbawa arus.

2. Pastikan Umpan Turun di Sekitar Karang

Jika target ikan yang dipancing adalah kerapu, pastikan umpan turun di sekitar karang. Mengingat ikan kerapu sangat suka menyamarkan diri di dekat karang, hanya saja gerakannya tidak terlalu cepat.
Perlu ketelitian ekstra karena kerapu sangat mudah bersembunyi di balik karang sehingga senar lebih mudah putus. Pada saat menerapkan teknik dasaran, ada baiknya untuk lebih berhati-hati menaikkan kail ketika umpan sudah mulai dimakan ikan.

3. Tetap Memperhatikan Kondisi Laut

Meski teknik dasaran relatif mudah, tetapi tidak boleh dilakukan sembarangan. Kondisi laut tetap harus diperhatikan, mulai dari arus, cuaca, angin, kondisi spot, hingga kedalamannya agar teknik mancing dasaran lebih maksimal.
ADVERTISEMENT
Penting juga untuk mencari tahu spot karang atau letak sarang ikan agar hasil tangkapan berlimpah. Selain itu, perlu memperhatikan suhu karena berperan terhadap aktif tidaknya ikan.
Itulah beberapa tips mancing di laut dasaran untuk pemula yang perlu diterapkan agar hasil tangkapan berlimpah.(DSI)