4 Cara Membuat Warna Coklat yang Mudah Dipraktikkan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
19 April 2024 20:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara membuat warna coklat. Sumber: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara membuat warna coklat. Sumber: pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Keberhasilan melukis sering kali ditentukan oleh pemahaman tentang pentingnya pencampuran warna. Salah satunya membuat warna coklat. Cara membuat warna coklat yang mudah dipraktikkan, salah satunya menggunakan campuran warna primer merah, kuning, dan biru.
ADVERTISEMENT
Memahami cara mencampur warna akan membantu memilih kombinasi tepat untuk menghasilkan gradasi warna yang indah serta menciptakan warna baru yang diinginkan.

Cara Membuat Warna Coklat

Ilustrasi cara membuat warna coklat. Sumber: pixabay
Coklat menjadi salah satu pilihan warna yang serbaguna dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan.
Untuk menciptakan warna coklat dapat menggunakan warna primer, caranya dengan menggabungkan warna-warna tersebut. Saat ketiga warna dicampur, hasilnya akan membentuk warna coklat dasar.
Selanjutnya dapat juga menggunakan warna sekunder, seperti jingga dan hijau, serta menambahkan warna primer tambahan supaya mencapai warna coklat yang diinginkan.

1. Mencampurkan warna primer

Tuangkan sedikit cat dengan warna primer ke dalam palet atau wadah untuk mencampur. Tambahkan warna merah, biru, dan kuning ke palet atau kertas dengan proporsi sama untuk setiap warna.
ADVERTISEMENT
Jumlah cat yang dipakai tergantung pada kebutuhan jumlah warna coklat. Pastikan terdapat ruang antara setiap warna untuk mencampurkan cat dengan baik. Untuk menciptakan warna coklat dengan mudah, cukup campurkan warna primer dengan jumlah yang sama.

2. Membuat warna coklat dari campuran oranye dan biru

Warna coklat bisa dihasilkan dari pencampuran warna sekunder orange serta biru. Namun, sebelum itu harus membuat kedua warna sekunder tersebut terlebih dahulu.
Terlalu banyak memakai warna biru akan membuat warna cat menjadi keunguan serta pucat. Warna coklat kemerahan cocok digunakan untuk menampilkan efek paparan sinar matahari atau suasana pedesaan pada lukisan yang dibuat.

3. Membuat warna coklat dari campuran ungu dan kuning

Campurkan warna merah serta biru untuk membuat warna ungu. Gunakan kedua warna tadi dalam porsi seimbang. Warna ungu dihasilkan menjadi kombinasi sempurna antara merah serta biru.
ADVERTISEMENT
Tambahkan sedikit warna kuning dalam warna ungu secara bertahap sampai mencapai warna coklat yang diinginkan. Sambil mencampur, akan terlihat warna coklat keruh. Selanjutnya tambahkan warna kuning hingga mencapai corak coklat yang diinginkan.

4. Membuat warna coklat dari campurab hijau gelap dan merah

Untuk mendapatkan warna coklat yang lebih asli, gunakan komposisi warna merah sekitar 35-40 persen. Walaupun dalam proporsi yang seimbang, warna merah tetap akan dominan pada hasil akhirnya.
Demikian penjelasan mengenai cara membuat warna coklat yang mudah dipraktikkan. (ARH)