4 Cara Merawat Hamster kecil agar tidak Mati

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
19 Maret 2023 14:10 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara merawat hamster kecil. Sumber foto Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara merawat hamster kecil. Sumber foto Pixabay
ADVERTISEMENT
Bagi kamu pecinta hewan peliharaan dengan ukuran kecil, hamster bisa dijadikan sebagai pilihan. Tapi perlu diingat, cara merawat hamster kecil harus tepat agar tidak mati dan tetap sehat.
ADVERTISEMENT

Cara Merawat Hamster dengan Tepat

Ilustrasi cara merawat hamster kecil. Sumber foto Pixabay
Dikutip dari Materi Prakarya yang diterbitkan oleh Kemdikbud, hamster termasuk hewan dalam kategori ordo rodentia yang artinya hewan pengerat. Hamster berasal dari Eropa bagian timur dan tenggara.
Umumnya, hamster memiliki tubuh sepanjang 7 sampai 10 cm. Bahkan bisa 18 sampai 20 cm setelah dewasa. Karena kelucuannya, banyak orang memelihara hamster sejak masih kecil. Berikut beberapa cara merawat hamster kecil yang bisa kamu terapkan.

1. Menyiapkan Kebutuhan Hamster

Karena hamster kecil masih rawan mati, kamu harus menyiapkan kebutuhan hewan satu ini. Baik makanan berkualitas, kandang yang bersih dan kebutuhan hamster lainnya.
Hewan peliharaan wajib dijaga agar tetap sehat. Pakan yang bergizi perlu disiapkan. Anda bisa membelinya sendiri maupun secara online.
ADVERTISEMENT
Anda bisa memberikan pakan kering agar kencingnya tak terlalu banyak dan berbau. Jika ingin memberikan pakan basah seperti buah maupun sayuran, Anda bisa memberinya seminggu sekali.
Tetapi, jangan berikan sayuran maupun buah-buahan yang dingin seperti makanan yang disimpan kulkas. Hal itu membuat hamster mengalami gangguan pencernaan.

2. Membantu Hamster Mandi Kering di Pasir

Anda bisa meluangkan waktu membantu hamster mandi kering di pasir. Mandi kering membuat tubuh mungil hamster tetap kering dan bersih.
Caranya juga mudah. Anda bisa menempatkan hamster pada wadah yang sudah diisi pasir, biarkan hamster mandi sekitar 10 menit. Saat itulah hamster akan berguling-guling agar seluruh tubuhnya bersih. Mandi kering tak perlu setiap hari, bisa dua hari sekali.

3. Mengawasi Hamster Bermain di Luar Kandang

Mengawasi hamster kecil menjadi perawatan yang penting agar hamster kecil tetap sehat dan bisa tumbuh besar. Hal itu membuat hamster bisa mengeksplorasi ruangan di rumah Anda.
ADVERTISEMENT
Mengawasi hamster membuat hamster tetap aman tanpa bahaya. Misalnya hamster yang tak sengaja menyentuh aliran listrik di rumah atau tertabrak kendaraan ketika di luar rumah.

4. Konsultasi dengan Dokter Hewan

Dokter hewan menjadi pelengkap perawatan hamster kecil. Anda bisa konsultasi mengenai kesehatan hamster. Kunjungilah dokter sebulan sekali atau saat perilaku hamster tak seperti biasanya.
Cara merawat hamster kecil bisa dilakukan walaupun pertama kali merawat hamster. Anda bisa menerapkan cara di atas agar hamster terawat dan tumbuh sehat. (ASP)