4 Fakta Anjing Herder yang Cerdas dan Mandiri

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 22:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi fakta anjing herder. Sumber: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi fakta anjing herder. Sumber: pixabay
ADVERTISEMENT
Ras anjing herder rata-rata mempunyai badan yang besar, kekar dan lincah, lengkap dengan watak penurut dan juga cerdas. Fakta anjing herder yang cerdas dan mandiri yaitu dapat menjadi anjing pemandu sekaligus juga anjing penggembala
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku German Shepherd Dog A Comprehensive Guide to Owning and Caring for Your Dog karya Susan Samms, anjing herder ada berbagai jenis, salah satunya berjenis German Shepherd.
Anjing herder juga umumnya dimanfaatkan untuk kebutuhan pekerjaan dari kepolisian.

Fakta Anjing Herder yang Cerdas dan Mandiri

Ilustrasi fakta anjing herder. Sumber: pixabay
Ada banyak fakta menarik dari anjing herder yang cerdas dan mandiri dari segi kepribadian, postur dan keahliannya, berikut penjelasannya.

1. Kepribadian Anjing Herder

Anjing herder tergolong jenis anjing yang cerdas serta mandiri. Anjing herder merupakan pembelajar yang cepat, aktif dalam bergerak, dan cenderung mudah curiga terhadap orang asing.
Saat anjing herder dipelihara secara tepat, maka anjing herder akan bersikap setia, patuh, hingga bersedia diperintah pemiliknya. Namun anjing herder akan menjadi sangat protektif jika tidak terbiasa berbaur dengan lingkungan sekitar.
ADVERTISEMENT

2. Postur Anjing Herder

Anjing herder mempunyai tubuh yang besar, berotot dengan bulu ekor yang lebat, serta perpaduan warna bulu cokelat dan hitam.
Anjing herder jenis lainnya ada juga yang berwarna cenderung silver, hitam polos, putih, hingga bercorak seperti panda. Bulu anjing herder terbagi dalam dua lapisan.
Bagian luar bulunya cukup tahan terhadap air sedangkan bulu tebal di bagian dalam menjadi penghangat tubuhnya.

3. Anjing Herder Bisa Menjadi Pemandu

Anjing herder sudah dipercaya menjadi pemandu jalan untuk para penyandang disabilitas tunanetra.Anjing herder juga dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan dalam bidang kepolisian dan militer.
Anjing herder yang pertama kali menjadi pemandu jalan pada bulan Juni 1928, ketika Morris Frank membawa anjingnya yang bernama Buddy dari negara Swiss ke wilayah Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Anjing tersebut dilatih menjadi pemandu tentara yang merupakan penyandang disabilitas tunanetra akibat Perang Dunia 1. Buddy berhasil membuktikan kemampuannya dalam menentukan arah berpergian di jalan wilayah New York.

4. Merupakan Anjing Penggembala

Semenjak jaman dahulu, anjing herder dipelihara untuk menjaga hingga menggiring kawanan domba serta kambing.
Hal itu dikarenakan anjing herder mempunyai refleks yang cepat juga kemampuan berlari yang juga cepat hingga tubuhnya yang kuat. Anjing herder telah dipelihara semenjak keruntuhan Kekaisaran Romawi.
Anjing herder penggembala hewan ini juga sangat menyukai aktivitas yang banyak bergerak.
Demikian penjelasan fakta anjing herder yang cerdas dan mandiri. (ARH)