Konten dari Pengguna

4 Ikan Hias Air Laut Termahal di Dunia dan Kisaran Harganya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
26 Maret 2023 17:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ikan hias air laut termahal. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ikan hias air laut termahal. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ikan hias air laut termasuk salah satu komoditas perikanan yang potensial dan dapat memberikan keuntungan. Warna yang variatif, bentuk tubuh unik, dan sifat agresif adalah beberapa keunggulan jenis ikan hias ini.
ADVERTISEMENT
Selain meningkatkan kreativitas serta konsentrasi, memelihara ikan hias air laut termahal juga bermanfaat mengurangi stres dan tekanan darah.

Ikan Hias Air Laut Termahal di Dunia

Ilustrasi ikan hias air laut termahal. Foto: Pixabay
Terdapat bermacam jenis ikan hias air laut termahal yang sebenarnya mudah dirawat dan amat populer di kalangan pencinta ikan. Dalam buku Ikan Hias Air Laut yang ditulis oleh Heru Susanto dijelaskan informasi tentang akuarium air laut termasuk aneka ikan hias air laut serta ragam tumbuhan laut.
Nah, untuk jenis ikan hias air asin yang termahal, dapat Anda simak penjelasannya melalui ulasan di bawah ini.

1. Clarion Angelfish

Clarion angelfish dapat dijumpai di Pasifik wilayah pantai Meksiko, tepatnya di Pulau Revillagigedo. Ini merupakan ikan hias air laut yang bersirip pari. Ikan ini dapat mencapai ukuran 30 cm dengan warna tubuh cerah.
ADVERTISEMENT
Harga per ekor clarion angelfish mulai Rp35 jutaan. Status clarion angelfish adalah vulnerable atau binatang yang rawan punah menurut IUCN. Bila ingin memelihara ikan hias ini Anda harus memperoleh izin dari pemerintah Meksiko.

2. Neptune Grouper

Neptune grouper atau kerapu neptunus panjangnya rata-rata 6 inci dan tergolong ikan berumur panjang. Ia dapat hidup lebih dari 30 tahun. Neptune grouper berwarna cerah yaitu kuning, jingga, serta merah muda. Anda bisa mendapatkannya mulai Rp94 jutaan.

3. Golden Basslet

Ikan golden basslet atau basslet emas juga termasuk dalam ikan hias air laut termahal. Tubuhnya mempunyai kombinasi warna kuning yang unik. Karakteristik ikan ini pemalu dan hidup pada kedalaman 50-80 meter. Ikan ini dipatok dengan harga sekitar Rp113 jutaan.

4. Wrought Iron Butterflyfish

Wrought iron butterflyfish hidup di perairan Jepang. Warnanya hitam keabuan dengan garis kuning pada siripnya. Ikan ini berukuran sekitar 15,5 cm dan cenderung bergerak berkelompok.
ADVERTISEMENT
Ikan ini amat langka dan susah ditangkap. Tidak heran kalau harganya bisa sangat mahal yaitu mencapai Rp38 jutaan.
Itulah jenis ikan hias air laut termahal dan paling populer di dunia. Jika Anda keberatan atau tidak menginginkannya, Anda bisa mengganti dengan jenis ikan lain yang lebih terjangkau. Misalnya, ikan botana atau ikan bendera yang tidak kalah cantik dengan ikan mahal apabila diletakkan dalam akuarium Anda. (DN)