Konten dari Pengguna

4 Jenis Ikan Mas Koki Lion Head yang Cocok untuk Isi Akuarium

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
6 Juni 2024 20:04 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Jenis Ikan Mas Koki Lion Head. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Ahmed Hasan
zoom-in-whitePerbesar
Jenis Ikan Mas Koki Lion Head. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Ahmed Hasan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari kawasan Asia Timur dan biasa dijadikan sebagai ikan hias. Ada beberapa jenis ikan mas koki lion head yang cocok untuk dijadikan isi akuarium.
ADVERTISEMENT
Memiliki ikan mas koki lion head di akuarium pastinya sangat menyenangkan karena bisa menjadi hiasan sekaligus penghilang stres. Salah satu yang menarik dari ikan jenis ini adalah warnanya yang unik.

4 Jenis Ikan Mas Koki Lion Head

Jenis Ikan Mas Koki Lion Head. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/kazuend
Dikutip dari buku Budi Daya Ikan Mas Koki karya Aloysius Fernandi, (2024) ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang cukup populer di kalangan pecinta ikan. Hal tersebut karena ikan jenis ini memiliki bentuk kepala dan warna yang unik.
Salah satu jenis ikan mas adalah ikan mas lion head di mana jenis ini masih dibagi lagi menjadi beberapa kelompok. Berikut ini penjelasan mengenai jenis ikan mas koki lion head yang cocok untuk isi akuarium di rumah:
ADVERTISEMENT

1. Lion Head Standar

Bentuk tubuhnya bulat dan kompak, dengan sirip yang pendek. Lion head standar adalah jenis yang paling umum dan mudah ditemukan. Di mana salah satu ciri khasnya adalah bagian kepala yang dipenuhi dengan gumpalan seperti buah berry. Meski terlihat aneh tapi hal tersebut justru menjadi daya tarik dari ikan hias yang satu ini.

2. Black Moor

Jenis ini memiliki gumpalan di kepala yang kecil dan berwarna hitam. Black moor memiliki bentuk tubuh yang memanjang dan sirip yang panjang. Black moor terkenal dengan matanya yang besar dan berwarna hitam, serta ekornya yang panjang dan melambai.

3. Ranchu

Jenis selanjutnya adalah ikan mas koki ranchu. Jenis ini memiliki benjolan di kepala yang besar dan berwarna merah cerah, seperti lion head standar. Namun, ranchu memiliki bentuk tubuh yang lebih memanjang dan sirip yang lebih panjang. Ranchu juga dikenal sebagai "King of Goldfish" karena keindahan dan keanggunannya.
ADVERTISEMENT

4. Oranda

Jenis ini memiliki wen yang lebih kecil dibandingkan Lion Head dan Ranchu, dan biasanya berwarna putih. Oranda memiliki bentuk tubuh yang bulat dan kompak, dengan sirip yang pendek. Oranda sering disukai karena warnanya yang beragam, seperti merah, putih, oranye, dan hitam.
Demikian adalah pembahasan mengenai jenis ikan mas koki lion head yang cocok dijadikan isi akuarium di rumah. (WWN)