Konten dari Pengguna

4 Manfaat Probiotik untuk Sapi Ternak yang Penting Diketahui

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
1 Mei 2024 23:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi manfaat probiotik untuk sapi ternak. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi manfaat probiotik untuk sapi ternak. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hingga saat ini, manfaat probiotik untuk sapi ternak masih menjadi pembahasan yang menark. Bagaimana tidak, bakteri ini dianggap bisa membantu peternak dalam meningkatkan kesehatan sapi.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Peran Probiotik di Bidang Gizi dan Kesehatan karya Lily Arsanti Lestari, probiotik adalah bakteri yang berperan dalam mencegah, serta mengobati berbagai masalah gizi dan kesehatan.
Oleh karena itu, manfaat probiotik bagi sapi ternak tidak bisa disepelekan. Simak pembahasannya di sini.

Manfaat Probiotik untuk Sapi Ternak

Ilustrasi sapi. Sumber foto: Unsplash
Kesehatan dan kesejahteraan sapi ternak merupakan hal yang penting untuk dipahami setiap peternak. Di era ini, penggunaan probiotik sebagai inovasi baru telah menambah nilai jual sapi.
Bagaimana tidak, probiotik sendiri bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan sapi. Namun, penggunaannya juga harus dikontrol dan perhatikan, agar tidak merusak ketahanan sapi.
Lantas, apa saja manfaat probiotik bagi sapi? Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Kekuatan Tubuh Sapi

Salah satu manfaat utama probiotik untuk sapi ternak adalah meningkatkan kekuatan tubuh mereka sehingga lebih tahan terhadap berbagai penyakit.
ADVERTISEMENT
Bakteri ini sendiri bisa membantu menjaga keseimbangan usus sapi, yang menjadi kunci utama dalam sistem kekebalan tubuh yang sehat. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, sapi ternak akan lebih mampu melawan penyakit yang dapat memengaruhi produktivitas.

2. Menambah Berat Badan Sapi

Selain meningkatkan kesehatan, probiotik juga dapat membantu sapi ternak menambah berat badan dengan lebih cepat. Karena membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dari pakan, sapi dapat mencerna makanan dengan lebih baik.
Dengan peningkatan berat badan yang signifikan inilah, harga jual sapi juga akan naik, dan akhirnya memberikan keuntungan besar bagi para peternak.

3. Menghilangkan Bau Amonia pada Feces

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh peternak adalah bau tidak sedap dari feces sapi. Namun ternyata, penggunaan probiotik dapat membantu menghilangkan bau amonia yang tidak sedap. Dengan ini, lingkungan juga menjadi lebih bersih.
ADVERTISEMENT

4. Meningkatkan Produksi Susu

Probiotik telah terbukti efektif dalam meningkatkan produksi susu sapi, dengan cara membantu menjaga kesehatan usus mereka. Akibatnya, kondisi tubuh akan bekerja secara optimal untuk memproduksi susu.
Itulah beberapa manfaat probiotik yang perlu diketahui peternak sapi agar bisa memberi nutrisi terbaik untuk hewan ternaknya. (RN)