4 Tanaman Hias untuk Kamar Tidur dengan Sedikit Cahaya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 20:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tanaman hias untuk kamar tidur dengan sedikit cahaya. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tanaman hias untuk kamar tidur dengan sedikit cahaya. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Pemilik rumah perlu memahami bahwa memilih tanaman hias untuk kamar tidur dengan sedikit cahaya perlu dilakukan secara cermat dan hati-hati.
ADVERTISEMENT
Artikel berikut ini akan memberikan informasi tentang tanaman hias untuk kamar tidur dengan sedikit cahaya yang bisa dipilih oleh pemilik rumah.

Tanaman Hias untuk Kamar Tidur dengan Sedikit Cahaya

Ilustrasi tanaman hias untuk kamar tidur dengan sedikit cahaya. Foto: Pexels
Sudah menjadi rahasia umum kalau tanaman hias bisa saja diletakkan di berbagai sudut rumah. Namun, tidak banyak tanaman yang bisa hidup dengan sedikit cahaya sehingga peletakan pot perlu menjadi perhatian.
Tanaman bisa diletakkan di dekat pintu atau jendela agar tetap mendapatkan cahaya matahari. Namun, bagaimana kalau kamar tidur tidak memiliki akses untuk menjangkau cahaya matahari?
Berikut adalah jenis tanaman hias untuk kamar tidur dengan sedikit cahaya berdasarkan Jurnal yang disusun oleh NASA, antara lain:

1. Aloe Vera

Dalam buku 10 Varietas Unggul Tanaman Sukulen karya Imas Hanifah, lidah buaya dikatakan tidak membutuhkan perawatan rumit dan bisa ditanam di dalam ruangan.
ADVERTISEMENT
Selain sebagai tanaman hias yang akan menghasilkan oksigen di malam hari, aloe vera sudah dikenal luas manfaatnya, seperti untuk kosmetik, makanan, dan minuman.

2. Monstera

Monstera merupakan tanaman yang dikatakan dapat memperbaiki kualitas udara di ruangan. Daun-daunnya yang hijau estetik juga mampu menarik perhatian yang memandang.
Buku Merawat Monstera yang disusun oleh Redaksi Agromedia menjelaskan bahwa monstera di dalam ruangan hanya perlu disiram 1-3 kali dalam seminggu.

3. Lucky Bamboo

Sesuai namanya, tanaman bambu yang satu ini diyakini membawa keberuntungan dan rezeki bagi pemiliknya. Tanaman ini juga tahan pada kondisi pencahayaan sedang, bahkan kurang.
Lucky bamboo justru tidak boleh terkena cahaya matahari langsung sehingga cocok diletakkan di dalam kamar tertutup, seperti yang dilansir W. U. Khan dalam Industrial Horticulture, Landscaping, and Astro Based Hardening.
ADVERTISEMENT

4. Philodendron Daun Hati

Secara spesifik, philodendron jenis ini memang memiliki daun berbentuk hati yang cantik. Tanaman ini juga mudah beradaptasi sehingga cenderung lebih mudah dirawat.
Philodendron bisa tumbuh merambat sehingga bisa diletakkan di atas meja atau digantung berdasarkan buku 87 Philodendron Tampil Menawan karya Yoe Kok Siong dan NS Budiana.
Demikian adalah informasi mengenai tanaman hias untuk kamar tidur dengan sedikit cahaya yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi pilihan. (SP)