5 Anjing Galak Penjaga Rumah yang Bikin Banyak Orang Takut

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
28 Februari 2024 20:34 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Anjing Galak Penjaga Rumah. Sumber: Unsplash.com/Ryan Hyde
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Anjing Galak Penjaga Rumah. Sumber: Unsplash.com/Ryan Hyde
ADVERTISEMENT
Beberapa orang kerap memelihara anjing untuk menjaga keamanan rumah dari ancaman tindak kejahatan. Anjing galak penjaga rumah ada banyak jenisnya, seperti Rottweiler dan Doberman Pinscher.
ADVERTISEMENT
Rottweiler merupakan jenis anjing penjaga asal Jerman yang temperamennya sangat agresif. Serupa dengan Rottweiler, Doberman Pinscher juga termasuk anjing penjaga yang agresif, bahkan sering menyalak terhadap sesuatu yang dicurigai.

5 Jenis Anjing Galak Penjaga Rumah

Ilustrasi Anjing Galak Penjaga Rumah. Sumber: Unsplash.com/duku. Fill
Anjing merupakan hewan peliharaan cerdas yang banyak bersahabat dengan manusia. Selain bersahabat dengan manusia, anjing juga biasa dipelihara untuk keperluan keamanan.
Salah satu contoh adalah untuk menjaga rumah, seperti jenis anjing Rottweiler, Doberman Pinscher, German Shepherd, American Pit Bull Terrier, dan Bullmastiff. Berikut penjelasan ringkasnya mengenai lima jenis anjing galak penjaga rumah.

1. Rottweiler

Rottweiler merupakan jenis anjing yang mempunyai banyak kemampuan. Dikutip dari buku Melatih Anjing Penjaga, Hatmosrojo dan Nyuwan (2008: 34), tenaganya yang kuat, cocok menjadi anjing penjaga, penggembala, pelacak, dan anjing keluarga.
ADVERTISEMENT
Tampilan anjing asal Jerman ini tampak gagah, cerdas, dan menyenangkan dengan postur tegak serta sikap yang loyal kepada pemilik. Anjing Rottweiler cocok untuk menjaga rumah karena relatif cerdas, sorot matanya tajam, dan penuh curiga.

2. Doberman Pinscher

Jenis anjing penjaga selanjutnya juga berasal dari Jerman, yakni Doberman Pinscher. Dikutip dari buku yang sama, Hatmosrojo dan Nyuwan (2008: 35), Doberman termasuk anjing tipe sedang dengan tubuh kekar, kompak, dan penuh vitalitas.
Selain postur yang memadai, sifat Doberman juga menunjang perannya sebagai anjing penjaga. Doberman memiliki sifat pantang mundur dan sangat sensitif terhadap lingkungannya.

3. German Shepherd

Jenis anjing penjaga selanjutnya adalah German Shepherd. Selaras dengan namanya, anjing penjaga yang satu ini juga berasal dari Jerman.
ADVERTISEMENT
Tampilan yang gagah dan menawan membuat German Shepherd populer menjadi anjing penjaga. German Shepherd bahkan termasuk berbakat untuk menggembala dan menerima latihan khusus untuk menjaga keamanan.

4. American Pit Bull Terrier

Jika tiga jenis anjing sebelumnya berasal dari Jerman, anjing penjaga selanjutnya berasal dari Amerika Serikat. Anjing tersebut adalah American Pit Bull Terrier. Anjing ini mempunyai postur besar, kekar, tegap, dan kuat sehingga cocok menjadi anjing penjaga.

5. Bullmastiff

Jenis anjing penjaga yang kelima adalah Bullmastiff. Anjing ini memiliki karakter yang tangguh dan cerdas seperti bulldog.
Selain itu, Bullmastiff juga mempunyai postur yang tegap dan wajah yang garang. Kondisi tersebut tentu membuat banyak orang segan, bahkan takut untuk mengganggu wilayahnya.
Kesimpulannya, jelas bahwa anjing galak penjaga rumah memiliki postur yang tegap dan tampak garang. Selain tampilan fisik yang garang, karakter anjing penjaga rumah umumnya selalu tegas dan agresif. (AA)
ADVERTISEMENT