5 Bonsai yang Berbunga Cantik dengan Perawatan Mudah

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
22 Mei 2024 21:06 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Hanya Ilustrasi: Bonsai yang Berbunga Cantik. Sumber: Eva Bronzini/Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Foto Hanya Ilustrasi: Bonsai yang Berbunga Cantik. Sumber: Eva Bronzini/Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bonsai adalah salah satu kreasi dari tanaman yang dibuat kerdil. Rata-rata jenis tanaman bisa dijadikan bonsai, termasuk bonsai dari tanaman bunga yang cantik. Lantas apa saja bonsai berbunga yang perawatannya mudah?
ADVERTISEMENT
Agar semakin tahu, simak rekomendasinya di sini!

Bonsai yang Berbunga

Foto Hanya Ilustrasi: Bonsai yang Berbunga Cantik, Sumber: cottonbro studio/Pexels.com
Ishan Latif dalam buku berjudul Sukses dengan Budidaya Bonsai menjelaskan bahwa bonsai adalah suatu teknik pemangkasan tumbuhan yang populer dari Jepang. Jenis bonsai yang cantik bisa diperoleh dari tanaman berbunga. Berikut beberapa jenis rekomendasinya:

1. Tanaman Bunga Bugenvil

Tanaman bunga bugenvil mempunyai banyak duri yang runcing dan tajam. Bunga ini diperkirakan berasal dari Brazil. Bugenvil bisa tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi yang ketinggiannya mencapai 1.400 m.
Bunga Bugenvil memiliki susunan dalam 1-7 anak payung. Daun pelindung tanaman warnanya merah cerah, putih, dan ungu.

2. Tanaman Bunga Azalea

Bunga Azalea asalnya dari Jepang dan Cina. Tanaman ini mempunyai bunga berwarna merah dan ungu yang mencolok. Habitat bunga azalea berada di kawasan pegunungan.
ADVERTISEMENT
Tanaman azalea bisa berbunga lebat dan tanaman cantik ini di Indonesia banyak hidup d kawasan Bandung dan Puncak. Perawatan selama pembentukan bonsai azalea terbilang sangat mudah.

3. Tanaman Bunga Cempaka Kuning

Tanaman bunga cempaka kuning atau kantil adalah salah satu tanaman berbunga cantik yang cocok untuk dibuat bonsai. Cempaka kuning asalnya dari India dan bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian 15-25 cm.
Bunga cempaka putih sangat harum dan banyak digunakan sebagai bunga campuran ke makam untuk nyekar. Cempaka putih yang dibuat bonsai bisa menghasilkan karya yang menarik dan wangi.

4. Tanaman Bunga Kemuning

Tanaman bunga kemuning banyak digunakan sebagai tanaman pagar sebagai pembatas dengan area yang lain. Tanaman ini tidak dapat tumbuh tinggi, hanya sekitar 3-7 m.
Daunnya atas rangkaian 3-8 anak daun, bentuknya elips memanjang serta bulat terbalik. Bunga ini sangat cantik saat dijadikan bonsai dan perawatannya juga sangat mudah.
ADVERTISEMENT

5. Tanaman Kaca Piring

Tanaman yang cocok dijadikan bonsai adalah bunga kaca piring. Tanaman ini banyak hidup di dataran tinggi. Tanaman ini termasuk dalam tanaman perdu tegak yang bisa tumbuh tinggi hingga 1-2 m.
Bunga kaca piring warnanya putih kehijauan dengan tangkai yang pendek serta mengeluarkan aroma sangat harum. Bonsai dari bunga ini sangat cantik dan perawatannya juga mudah.
Demikianlah rekomendasi bonsai yang berbunga dan keunikannya yang perlu diketahui. (eK)