5 Burung yang Tidak Boleh Dekat dengan Kenari

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
1 Maret 2024 23:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi burung yang tidak boleh dekat dengan kenari (Pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi burung yang tidak boleh dekat dengan kenari (Pixabay)
ADVERTISEMENT
Burung kenari yang memiliki keindahan bulu dan kicauan merdu sering menjadi primadona di kalangan pencinta burung. Namun, tidak semua burung akan cocok untuk dipelihara secara berdekatan dengan kenari. Apa saja burung yang tidak boleh dekat dengan kenari?
ADVERTISEMENT
Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simak uraian di bawah ini.

Mengenal Burung Kenari

Ilustrasi burung yang tidak boleh dekat dengan kenari (Pixabay)
Berdasarkan informasi dari buku Kiat Sukses Memelihara Kenari, burung kenari (Serinus canaria) pertama kali ditemukan di Kepulauan Canary pada abad ke-15 oleh pelaut Prancis bernama Jean de Berthan Cout.
Nama "kenari" bukan berasal dari buah kenari, melainkan dari nama pulau asal mereka, yaitu Kepulauan Canary.
Nama pulau itu sendiri berasal dari bahasa Latin, yakni "canarias" yang mengartikan (pulau) anjing, merujuk pada jumlah besar anjing liar yang ditemukan di sana pada masa lampau.

Ragam Burung yang Tidak Boleh Dekat dengan Kenari

Beberapa jenis burung kurang dapat menjadi teman peliharaan yang baik jika bersanding dengan burung kenari. Berikut adalah beberapa burung yang tidak cocok untuk dipelihara bersama dengan burung kenari:
ADVERTISEMENT

1. Burung Pleci

Burung pleci memiliki suara yang mirip dengan burung kenari betina, namun kehadirannya dapat membuat kenari jantan cepat birahi dan stres, terutama saat dilombakan. Gangguan ini bisa mengganggu performa kicau kenari dan bahkan memengaruhi kesehatannya.

2. Burung Cendet

Burung cendet termasuk burung predator yang agresif dan suka menyerang. Kehadirannya dapat membuat kenari merasa terancam dan stres. Serangan yang dilancarkan oleh cendet juga dapat membahayakan kesehatan fisik kenari.

3. Burung Lovebird

Meskipun lovebird populer sebagai burung hias yang lucu, jumlah yang lebih banyak dari populasi kenari dapat membuat kenari stres dan merasa terganggu.
Persaingan antara lovebird dan kenari dalam mendapatkan perhatian pemilik juga bisa menimbulkan konflik di antara mereka.

4. Burung Cucak Ijo

Cucak ijo memiliki suara yang nyaring dan keras yang dapat membuat mental kenari terganggu dan down untuk berkicau. Gangguan ini bisa mengurangi kualitas hidup dan kesejahteraan mental kenari.
ADVERTISEMENT

5. Burung Jalak Surean

Burung jalak surean memiliki sifat agresif dan selalu ingin mendominasi dalam berkicau. Kehadirannya dapat membuat kenari merasa terganggu dan tidak nyaman.
Memahami beberapa burung yang tidak boleh didekatkan dengan kenari sangat penting dalam menciptakan rasa nyaman pada burung kenari sebagai hewan peliharaan.