5 Cara Belajar Juggling Bola Sepak agar Cepat Menguasai

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 22:39 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi belajar juggling bola sepak. Foto: Ruben Leija/Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi belajar juggling bola sepak. Foto: Ruben Leija/Unsplash
ADVERTISEMENT
Cara belajar juggling bola sepak antara lain dengan memegang bola tepat di dada juga memastikan lutut tidak terlalu menekuk. Kemampuan ini penting dimiliki pemain dalam olahraga sepak bola.
ADVERTISEMENT
Berikut penjelasan mengenai bagaimana belajar juggling bola sepak yang perlu disimak.

Ketahui Cara Belajar Juggling Bola Sepak bagi Pemula

Ilustrasi belajar juggling bola sepak. Foto: Rex Tavanh/Unsplash
Melansir situs ejournal.undiksha.ac.id, juggling bola sepak dilakukan dengan cara mempertahankan bola agar tetap di udara. Entah menggunakan kepala, paha, kaki, maupun bahu.
Juggling bola disebut sebagai cara yang efektif guna mengembangkan reaksi yang cepat, meningkatkan konsentrasi, kepercayaan diri, dan kontrol terhadap bola.
Dalam permainan sepak bola, kemampuan juggling yang baik diperlukan guna meningkatkan kontrol terhadap bola sekaligus keseimbangan saat berada dalam permainan.
Kendati tampak sulit di awal, dengan latihan rutin atau terus menerus, keterampilan juggling akan dengan mudah dikuasai. Lantas, bagaimana cara belajar juggling bola sepak supaya pemain pemula lekas menguasai? Berikut penjelasannya.
ADVERTISEMENT

1. Memerhatikan Posisi Bola

Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan menjatuhkan bola dan tunggu memantul. Setelah pantulan pertama, tendanglah bola ke atas memakai kaki dominan sampai sebatas dada.
Untuk bisa melakukannya dengan maksimal, pemain harus memastikan posisi kaki sedikit miring ke atas, mengurangi udara dalam bola sehingga lebih kempis, juga menghindari simpul ganda tatkala mengikat sepatu.

2. Lutut Tak Telalu Menekuk

Tidak perlu terlalu menekuk lutut sehingga pengendalian bola akan maksimal. Pastikan posisi kaki selalu lurus. Badan mungkin bakal terasa kurang seimbang dan gampang jatuh. Proses ini akan terasa mudah dan biasa saja ketika kamu rutin berlatih.

3. Memakai Kaki Bergantian

Sebagian pemain melakukan juggling bola dengan satu kaki, tetapi tak ada salahnya untuk menggunakan dua kaki secara bergantian. Ini tentu akan lebih menarik.
ADVERTISEMENT

4. Memperbanyak Pantulan Bola

Saat awal latihan, kamu mungkin akan lebih banyak menangkap bola yang sudah ditendang. Ini hal yang wajar terjadi.
Tahapan berikutnya dilakukan dengan memperbanyak pantulan bola secara terus menerus. Usahakan supaya bola tak jatuh. Jagalah bola tersebut supaya senantiasa terkendali.

5. Lakukan Juggling Memakai Kaki atau Bagian Tubuh Lainnya

Dalam proses belajar, awali dari juggling dengan kaki. Kamu bisa menggunakan paha secara bergantian. Masing-masing sebanyak 2-3 kali. Di samping itu, kamu pun bisa memakai bagian tubuh lainnya seperti kepala, bahu, atau kombinasi (bahu, dada, dan kepala). Pastikan saja kendali terhadap bola tidak berkurang.
Cara belajar juggling bola sepak yang mudah bagi pemula bisa diawali dari memerhatikan posisi bola. Dengan menerapkan cara yang benar, maka kamu akan lebih cepat dan mudah menguasainya. (DN)
ADVERTISEMENT