5 Cara Belajar Skateboard untuk Pemula yang Mudah dan Cepat Bisa

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 22:38 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi belajar skateboard untuk pemula. Foto: Shawn Henry/Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi belajar skateboard untuk pemula. Foto: Shawn Henry/Unsplash
ADVERTISEMENT
Cara belajar skateboard untuk pemula bisa dilakukan dengan berlatih keseimbangan tubuh, memilih papan skate terbaik, juga mempelajari teknik jatuh.
ADVERTISEMENT
Ketahui cara belajar skateboard untuk pemula yang mudah dan praktis melalui uraian di bawah ini.

Pelajari Cara Belajar Skateboard untuk Pemula yang Mudah

Ilustrasi belajar skateboard untuk pemula. Foto: Asher Legg/Unsplash
Skateboard termasuk salah satu olahraga ekstrem yang memiliki banyak risiko. Sebut saja, kaki terkilir, terjatuh, sampai patah tulang. Dilakukan dengan papan luncur beroda, olahraga satu ini amat disukai anak-anak muda.
Seiring berkembangnya zaman, berbagai tempat skate yang nyaman terus bermunculan. Hal ini menjadi salah satu daya tarik bagi pemula untuk mencobanya. Demikian ulasan dalam situs communication.binus.ac.id.
Apabila kamu juga ingin mencoba, simak dulu beberapa cara belajar skateboard untuk pemula yang mudah melalui ulasan berikut.

1. Memilih Papan yang Tepat

Perhatikan pemilihan papan skate. Sesuaikan dengan ukuran serta kenyamanan kaki masing-masing. Sebagai contoh, apabila ukuran kaki kecil, maka disarankan memilih papan yang kecil. Demikian pula jika kaki lebar.
ADVERTISEMENT
Sebaiknya pilih pula papan yang lebar supaya lebih nyaman. Perlu diketahui bahwa tidak ada papan skate yang dirancang khusus untuk pemula atau mereka yang masih dalam tahap belajar. Oleh sebab itu, pastikan saja memilih papan sesuai ukuran kaki.

2. Berlatih Keseimbangan Tubuh

Para skater pemula harus belajar keseimbangan tubuh sebagai teknik bermain skateboard yang paling dasar. Salah satu latihan yang penting untuk dilakukan yaitu berdiri stabil di atas papan. Meski kelihatan mudah, sejatinya tidak semudah itu melakukannya.
Selanjutnya pahami kekuatan kaki sendiri. Kenali kaki yang memiliki respon lebih cepat dalam mengendalikan papan, begitu pula sebaliknya. Tandai kaki sebelah mana yang cepat merespon untuk melepas papan skate ketika kamu hilang kendali.

3. Mempelajari Teknik Jatuh

Terjatuh merupakan keadaan yang tidak bisa lepas dari olahraga ini. Baik pemula atau profesional, pasti mengalaminya. Bedanya para pemula mungkin akan lebih sering jatuh sebab belum terbiasa. Guna mengurangi risiko cidera, penting untuk mempelajari teknik jatuh yang benar.
ADVERTISEMENT

4. Memakai Outfit Lengkap

Ketika hendak bermain skateboard, pastikan untuk menggunakan outfit lengkap juga nyaman. Pilih celana panjang guna melindungi lutut saat jatuh serta kaus yang nyaman dan menyerap keringat. Jika perlu, pakai helm serta pelindung lutut.

5. Mengembangkan Teknik

Teknik melompat atau ollie, perlahan bisa dikembangkan menjadi teknik lainnya seperti loncat memutar sehingga papan menempel. Jika sudah menguasai teknik-teknik dasar melompat, kamu dapat mencoba menaiki benda-benda seperti bangku atau rail flatbar.
Demikian berbagai cara belajar skateboard untuk pemula yang penting diketahui. Dengan memahaminya, para skater pemula akan dapat belajar dengan mudah sehingga lekas menguasai. (DN)