5 Cara Memindahkan Anakan Aglonema ke Dalam Pot Baru

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
19 Juni 2024 20:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Ilustrasi: Cara Memindahkan Anakan Aglonema. Sumber: Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Foto Ilustrasi: Cara Memindahkan Anakan Aglonema. Sumber: Pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Membudidayakan aglonema sendiri membutuhkan kesabaran dan ketelatenan agar bisa tumbuh subur apalagi saat tanaman ini masih anakan. Untuk itulah perhatikan cara memindahkan anakan aglonema ke dalam pot baru yang benar.
ADVERTISEMENT
Langkah-langkahnya, perhatikan uraian ini!

Cara Memindahkan Anakan Aglonema

Foto Ilustrasi: Cara Memindahkan Anakan Aglonema. Sumber: Pixabay.com
Desi Saraswati dalam buku berjudul Memperbanyak Aglonema menjelaskan bahwa untuk menghasilkan aglonema yang bisa tumbuh subur dan indah, maka pembudidaya harus melakukan proses repotting atau mengganti pot aglonema secara rutin per 3-4 bulan sekali.
Cara ini dilakukan dengan tujuan perbaikan pertumbuhan aglonema dan supaya tanaman semakin sehat. Proses repotting yang tidak dijalankan bisa membuat pertumbuhan aglonema menjadi kerdil dan melambat.
Adapun cara reppoting memindahkan anakan aglonema dari pot lama ke pot baru adalah:

1. Keluarkan Aglonema dari Pot Perlahan-Lahan

Keluarkan aglonema dari pot secara perlahan. Caranya dengan tangan kiri membalik pot dan tangan kanan memegang anakan aglonema.
Goyang-goyangkan sedikit potnya agar media tanam dapat lepas dari pot. Bongkar dan pisahkan akar aglonema dari media tanam dengan perlahan-lahan.
ADVERTISEMENT

2. Mencuci Akar Aglonema

Setelah itu cuci akar aglonema dengan hati-hati, proses mencuci akar ini bertujuan untuk melihat kualitas akar, ada yang terputus atau tidak. Proses mencuci bisa menggunakan air mengalir dan cucilah sampai bersih.

3. Siapakan Pot Baru dan Media Taman

Siapkan pot baru dan media tanam baru ke dalam pot. Pot yang dipilih adalah ukurannya lebih besar. Masukkan akar aglonema hingga tertutup seluruhnya dengan media tanam.
Media taman yang baru bisa menjadikan aglonema cepat besar. Media tanam yang dapat digunakan adalah sekam bakar, sekam mentah, dan cocopeat.

4. Berikan Vitamin B1

Pada pot baru harus disemprotkan atau disiram dengan pupuk vitamin B1 yang telah dilarutkan. Pembudidaya bisa memberikan antocol untuk campuran larutan pupuk.

5. Menyiram Aglonema dengan Rutin

Setelah proses memindahkan aglonema dari pot lama ke pot baru telah selesai. Langkah selanjutnya adalah dengan memberikan pengairan secara rutin dan berkala agar anakan aglonema bisa tumbuh subur.
ADVERTISEMENT
Proses penyiraman aglonema tidak boleh setiap hari, karena pada dasarnya aglonema bukan tanaman yang membutuhkan air melimpah. Pembudidaya bisa melakukan penyiraman 1-2 kali dalam seminggu.
Aglonema memerlukan kelembaban udara yang pas, jika terlalu kering mengakibatkan aglonema layu dan tidak segar. Namun, jika terlalu basah bisa membuat aglonema membusuk dengan cepat.
Demikianlah penjelasan tentang cara memindahkan anakan aglonema dari pot lama ke pot baru dengan mudah. Semoga bermanfaat! (eK)