5 Cara Mengatasi Hama Tanaman Hias dengan Bahan Alami, Dijamin Manjur!

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
19 Mei 2024 20:10 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Hanya Ilustrasi: Cara Mengatasi Hama Tanaman Hias. Sumber: Huy Phan/Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Foto Hanya Ilustrasi: Cara Mengatasi Hama Tanaman Hias. Sumber: Huy Phan/Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hama pada tanaman hias sangat mengganggu proses pertumbuhan tanaman. Maka dari itu, pembudidaya harus tahu cara mengatasi hama tanaman hias dengan tepat.
ADVERTISEMENT
Untuk mengatasi hama, sebenarnya tidak perlu menggunakan bahan kimia, pembudidaya bisa menggunakan bahan alami yang gampang ditemukan. Ini rekomendasinya!

Cara Mengatasi Hama Tanaman Hias

Foto Hanya Ilustrasi: Cara Mengatasi Hama Tanaman Hias. Sumber: Lisa Fotios/Pexels.com
Gagan Harry dalam buku berjudul Hama dan Penyakit Bunga Mawar dan Cara Mengatasinya menjelaskan bahwa setiap tumbuhan yang hidup pasti mempunyai parasit yang mengganggu. Entah parasit tersebut berupa hama maupun penyakit yang sering kali menyerang tumbuhan tersebut.
Pembudidaya harus menghilangkan hama tanaman hias dengan segera sebelum semakin parah. Adapun cara mengatasi hama tanaman hias adalah:

1. Garam Epsom

Cara membuatnya adalah larutkan garam sebanyak satu cangkir dalam 17 liter air. Tuangkan dalam botol semprot. Langsung semprotkan ke tanaman hias yang terjangkiti hama. Larutan garam epsom bisa juga menambah kadar magnesium dalam tanah.
ADVERTISEMENT

2. Sabun Cuci Piring

Cara membuat pestisida menggunakan sabun cuci piring adalah dengan campurkan 3 tetes sabun cair cuci piring dalam 1 liter air. Tambahkan 1 sdm minyak goreng. Semprotkan tanaman sampai basah, namun jangan terkena bagian bunganya.

3. Semprotan Tembakau

Cara membuatnya adalah kumpulkan puntung rokok, taruh dalam kaus kaki, rendam semalaman dalam satu liter air. Semprotkan langsung pada tanaman yang terserang hama.
Namun, jangan gunakan semprotan tembakau pada tanaman datura, bunga petunia, serta nicotiana sebab tembakau bisa menampung berbagai virus mosaik dan bisa memengaruhi tanaman tersebut.

4. Bawang Putih

Cara membuatnya adalah kupas kemudian hancurkan 5 siung bawang putih dan campur dengan air. Diamkan semalam hingga bawang putih meresap dalam air.
Tambahkan sabun cuci piring dan saring menggunakan saringan halus. Semprotkan ke tanaman setiap sekali maupun dua kali seminggu.
ADVERTISEMENT

5. Cabe Kering

Membasmi hama tanaman juga bisa menggunakan cabe kering. Caranya dengan memasukkan cabe kiring di food processor dan giling. Taburkan sekitar tanaman untuk mengusir lalat putih dan semut.
Cara lainnya bisa dengan menambahkan setengah cangkir cabe giling dalam 1 liter minyak hortikultura halus dan semprotkan ke atas dan bawah daun bunga.
Demikianlah cara mengatasi hama tanaman hias dengan bahan alami, dijamin manjur yang bisa dipilih. Semoga membantu! (eK)