5 Cara Mengatasi Kucing Stres Ketakutan agar Kembali Berani

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
21 Mei 2024 23:46 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Mengatasi Kucing Stres Ketakutan. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Mengatasi Kucing Stres Ketakutan. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara mengatasi kucing stres ketakutan harus dilakukan para pemilik anabul untuk menjaga kondisi peliharaan.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Managemen Stres di Tengah Dampak Covid-19 oleh Rostime Hermayerni dan Putri Cahaya, stres bisa memengaruhi kesehatan jika tidak diatasi dengan baik. Stres menjadi pertahanan alami tubuh terhadap tanda bahaya.
Tak hanya manusia, kucing juga bisa mengalami stres. Jika dibiarkan, hal ini akan memengaruhi kesehatannya. Lantas, bagaimana cara mengatasi kucing stres ketakutan?

Cara Mengatasi Kucing Stres Ketakutan

Ilustrasi Cara Mengatasi Kucing Stres Ketakutan. Sumber: Unsplash
Berikut ini berbagai cara mengatasi kucing stres ketakutan:

1. Melakukan Pendekatan Positif

Kucing yang sedang merasa stres ketakutan cenderung menolak didekati oleh siapa saja, termasuk sang pemilik. Untuk mengatasi hal ini, pemilik harus mendekati anabul secara tenang dan perlahan.
Dengan demikian, kucing akan merasa nyaman dan mau mendekat. Jika ini terjadi, pemilik dapat mulai memberi sentuhan lembut di bawah dagu maupun belakang telinga. Selain itu, tak ada salahnya memberi camilan sebagai hadiah.
ADVERTISEMENT

2. Memberi Kenyamanan

Cara mengatasi kucing stres ketakutan berikutnya, yakni dengan memberikan kenyamanan. Salah satunya adalah dengan memberi tempat khusus yang dapat dijadikan perlindungan bagi anabul.
Sebaiknya, tempat tersebut berada lebih tinggi dari lantai supaya anabul bisa mengamati sekeliling. Selain itu, pemilik juga bisa memberikan selimut agar kucing semakin nyaman.

3. Menghilangkan Pemicu

Ada berbagai penyebab mengapa kucing merasa stres ketakutan. Hal ini penting dipahami para pemilik anabul. Untuk mengatasi kondisi kucing, pemilik dapat menyingkirkan pemicu dari stres yang dialami.
Walaupun penyebab stres tidak bisa dikontrol, pemilik setidaknya telah menciptakan lingkungan baik bagi anabul. Contohnya, yakni menghindari teriakan, menjaga suasana tetap tenang, hingga menjaga volume televisi tetap rendah.

4. Melakukan secara Bertahap

Cara mengatasi kucing stres ketakutan selanjutnya, yakni dengan menerapkan segala usaha secara bertahap. Pasalnya, rasa stres dan takut yang dialami anabul tidak dapat hilang dalam sekejap. Dibutuhkan kesabaran untuk mendapatkan kepercayaan mereka kembali.
ADVERTISEMENT

5. Melakukan yang Kucing Senangi

Mental kucing yang mulanya bermasalah dapat diatasi dengan interaksi sesuai hal yang mereka sukai. Ketika pemilik berhasil mendekati anabul dengan cara yang disukai, anabul akan mulai percaya dan memunculkan perasaan positif.
Apabila kucing cenderung tidak suka dipeluk, maka pemilik tidak seharusnya mengangkat mereka.
Itu dia sekilas pembahasan mengenai cara mengatasi kucing stres ketakutan.(LAU)