5 Cara Merawat Lidah Buaya agar Tumbuh Sehat, Segar, dan Subur

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
29 Maret 2024 23:21 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Merawat Lidah Buaya. Sumber: Unsplash.com/pisauikan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Merawat Lidah Buaya. Sumber: Unsplash.com/pisauikan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lidah buaya merupakan tanaman sukulen yang mempunyai banyak peminat karena bentuk unik serta berbagai manfaatnya. Cara merawat lidah buaya tidak jauh berbeda dengan langkah memelihara tanaman pada umumnya.
ADVERTISEMENT
Tanaman lidah buaya membutuhkan air, sinar matahari, serta lahan yang cukup untuk bertumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, langkah pertama untuk merawat lidah buaya adalah menggunakan pot yang besar supaya tanaman dapat tumbuh optimal.

5 Cara Merawat Lidah Buaya agar Sehat, Segar, dan Subur

Ilustrasi Cara Merawat Lidah Buaya. Sumber: Unsplash.com/pisauikan
Cara merawat lidah buaya agar sehat, segar, dan subur terdiri dari banyak langkah. Berikut adalah lima langkah perawatannya yang paling umum dan relatif mudah untuk dilakukan.

1. Gunakan Pot yang Besar

Langkah pertama dalam merawat lidah buaya adalah menggunakan pot yang besar. Hal ini penting untuk dilakukan supaya tanaman lidah buaya dapat tumbuh secara optimal, baik itu dalam segi ukuran, kesegaran warna, maupun kesehatannya.

2. Jangan Terlalu Sering Menyiram

Lidah buaya merupakan jenis tanaman sukulen. Mengutip dari buku Galeri Tanaman Hias Bunga, Ratnasari (2007: 18), tanaman sukulen adalah jenis tanaman ‘lunak’ yang tidak berkayu dengan batang dan daun yang mampu menyimpan cadangan air dan tahap terhadap kondisi yang kering.
ADVERTISEMENT
Kondisi itu membuat tanaman lidah buaya tidak perlu disiram terlalu sering. Pemelihara cukup menyiramnya 1 – 2 minggu sekali pada musim hujan dan 1 – 2 kali dalam seminggu saat musim kemarau (saat permukaan tanah kering).

3. Beri Sinar Matahari Secukupnya

Lidah buaya juga membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis seperti tanaman lain. Oleh karena itu, pemelihara lidah buaya perlu mencukupi kebutuhan lidah buaya terhadap sinar matahari pagi untuk berfotosintesis.

4. Potong Batang yang Rusak

Cara keempat adalah potong batang yang rusak, baik itu kering, lembap, busuk, berjamur, maupun sakit. Pemotongan batang yang rusak penting dilakukan untuk mencegah kerusakan secara keseluruhan pada tanaman lidah buaya.

5. Beri Pupuk Organik

Cara kelima adalah memberi pupuk organik khusus tanaman lidah buaya supaya nutrisinya dapat tercukupi. Ketika nutrisinya tercukupi, lidah buaya dapat tumbuh besar serta segar.
ADVERTISEMENT
Kini, jelas bahwa ada banyak cara merawat lidah buaya. Lima di antaranya adalah menggunakan pot yang besar, jangan terlalu sering menyiram, beri sinar matahari yang cukup, potong batang yang rusak, serta beri pupuk organik. (AA)