5 Ciri-Ciri Hamster Hamil yang Mudah Dikenali

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
20 Maret 2023 0:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ciri-ciri hamster hamil. Sumber foto Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ciri-ciri hamster hamil. Sumber foto Pixabay
ADVERTISEMENT
Ciri-ciri hamster hamil harus dikenali jika Anda memiliki hamster betina. Jangan sampai mengabaikan ciri-cirinya dan memicu anak yang dikandung hamster tidak tumbuh maupun mati dalam kandungan.
ADVERTISEMENT

Ciri-Ciri Hamster Hamil secara Spesifik

Ilustrasi ciri-ciri hamster hamil. Sumber foto Pixabay
Dikutip dari buku yang berjudul Merawat Hamster Si Imut yang Menggemaskan yang ditulis oleh Yulindra Sadgala, hamster adalah hewan lucu dan menggemaskan. Hamster juga menjadi hewan peliharaan di berbagai wilayah.
Sejatinya, hamster jantan memiliki testis besar sesuai ukuran tubuhnya. Hamster akan melakukan pembuahan di usia berbeda tergantung spesiesnya, tetapi bisa di usia 4 sampai 6 bulan. Bahkan, hamster jantan bisa melakukan pembuahan sepanjang dia hidup.
Untuk hamster betina, akan melakukan estrus setiap pagi. Hal itu menjadi awal kehamilan hamster betina, sebagai pemilik hewan harus mengetahui ciri-ciri hewan peliharaannya hamil.

1. Berat Badan Meningkat

Saat hamster hamil, berat badannya meningkat dan wajib diketahui pemilik hamster. Pasalnya, masa kehamilan hamster relatif cepat hanya 16 sampai 22 hari.
ADVERTISEMENT
Perhatikan asupan dan kebutuhan yang hamster butuhkan selama hamil. Penuhi juga asupan nutrisinya agar kehamilan hamster lancar.

2. Nafsu Makan Meningkat

Walaupun hewan, saat hamil membuat nafsu makan hamster bisa meningkat selama masa kehamilannya, khususnya di awal kehamilan. Anda memberikan makanan dan minuman kaya nutrisi agar kesehatan hamster dan janinnya tetap terjaga.

3. Gelisah

Ciri-ciri hamster hamil selanjutnya adalah gelisah dan sulit tidur. Hamster memang lebih aktif di malam hari, tetapi hal itu tak berlaku saat hamil.
Selama kehamilan, hamster gelisah sehingga tak bisa tidur. Bahkan, kegelisahan tersebut lebih sering terjadi menjelang persalinan. Hal itu karena kontraksi di perut yang membuat hamster tidak nyaman dan merasakan sakit.

4. Membuat Sarang

Walaupun pemilik hamster bisa menyediakan tempat untuk bayi hamster, tetapi induk hamster akan membuat sarang di kandang sebagai tanda kebahagiaan menyambut anaknya.
ADVERTISEMENT
Bahkan, induk hamster akan membawa benda yang bisa menghangatkan tubuh anaknya yang disusun menjadi sarang.

5. Keluar Lendir dari Vagina

Saat hendak melahirkan, akan keluar lendir darah dari vagina. Anda bisa menyiapkan semua keperluan agar persalinan hamster lancar.
Jangan lupa hubungi dokter hewan agar membantu persalinan hamster. Jangan biarkan hamster melahirkan sendirian di dalam kandang karena bisa membahayakan keselamatan induk dan anak yang dikandung.
Banyak ciri-ciri hamster hamil yang mudah dikenali. Anda tinggal melihat sikap dan perilaku hamster, jika tak bisa membedakan bisa membawa hamster ke dokter hewan untuk diperiksakan kondisi perubahan tubuh dan perilakunya. (ASP)