5 Fakta Anjing Gembala Jerman yang Berbakat

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 21:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi fakta anjing gembala jerman. Sumber: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi fakta anjing gembala jerman. Sumber: pixabay
ADVERTISEMENT
German Shepherd atau Herder merupakan anjing gembala yang berbakat. Fakta anjing gembala jerman yang berbakat kerap kali dijadikan sebagai anjing polisi, penjaga rumah, dan gembala ternak.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Merawat dan Melatih Anjing karya Onny Untung, anjing gembala jerman sangat mudah untuk dilatih dan dipelihara.

Fakta Anjing Gembala Jerman yang Berbakat

Ilustrasi fakta anjing gembala jerman. Sumber: pixabay
Banyak fakta keunikan dari anjing gembala jerman yang dapat disimak dalam ulasan di bawah ini.

1. Anjing multifungsi

Anjing ini kerap kali dijadikan sebagai anjing polisi karena posturnya yang tegap dan gerakannya yang lincah. Selain itu anjing ini juga memiliki indra pendengaran dan penciuman yang bagus, sehingga cocok dijadikan sebagai anjing pelacak.
Selain itu, anjing yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai penjaga rumah karena memiliki karakter pemberani dan posesif terhadap pemiliknya. Sehingga anjing ini tidak akan segan-segan mengusir orang jahat dari rumah pemilik.

2. Partner olahraga yang enerjik

Anjing ini bersifat sangat aktif yang gemar menjelajah dan berlarian di banyak tempat. Selain itu juga suka melakukan aktivitas fisik, seperti bermain lempar tangkap, jogging bersama, atau frisbee. Anjing ini tentu akan sangat cocok dengan yang hobi beraktivitas fisik.
ADVERTISEMENT

3. Anjing paling pintar dan mudah untuk dilatih

Anjing ini sangat tanggap dalam menanggapi perintah pemiliknya. Cukup hanya tiga sampai lima kali pengulangan saja, maka anjing itu akan bisa melakukan perintah yang diberikan.

4. Hobi bereksplorasi

Anjing ini gemar mengendus setiap barang yang dijumpai dan akan dengan mudah mengingat bau dari setiap objek yang telah ia eksplorasi.
Inilah alasan yang menjadikan anjing ini sebagai anjing pelacak yang handal. Anjing ini kerap dipergunakan sebagai pelacak bom, mencari orang dalam TKP, hingga melacak tempat persembunyian narkoba.

5. Anjing yang kuat tetapi mudah sakit

Anjing ini tergolong ke dalam jenis anjing yang kuat dan tangkas. Namun, hal ini tidak berarti bahwa anjing ini memiliki daya tahan tubuh yang bagus karena perkawinan sedarah yang dulu dilakukan agar kemurniannya tetap terjaga.
Efek yang terjadi adalah anjing ini rentan terkena penyakit, seperti displasia siku, kelainan sumsum tulang belakang, sindrom wobbler, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Demikian penjelasan mengenai fakta anjing gembala jerman yang berbakat. (ARH)