5 Fakta Unik Kelinci California si Penghasil Bulu dan Daging

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
24 Februari 2024 20:21 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Fakta Unik Kelinci California. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Fakta Unik Kelinci California. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Fakta unik kelinci california menjadi salah satu daya tarik dari jenis kelinci satu ini.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Meningkatkan Kemampuan Reproduksi Kelinci dengan Biskuit Moringa oleh Mubarak Akbar, dkk., california rabbit atau california white merupakan jenis lokal yang diternakkan oleh George West pada 1920an. Kelinci ini merupakan persilangan dari chinchilla standar, Himalaya dan New Zealand White.
Lantas, apa saja fakta unik kelinci california?

Fakta Unik Kelinci California

Ilustrasi Fakta Unik Kelinci California. Sumber: Unsplash
Berikut ini berbgai fakta unik kelinci california:

1. Sistem Reproduksi

Musim kawin kelinci california berlangsung selama musim semi dan awal musim semi. Sedangkan, masa gestasi kelinci california belum dapat dipastikan jelas oleh peneliti.
Dalam satu tahun, kelinci california mampu mempunyai enam anak dengan maksimal tiga ekor bayi setiap satu persalinan. Sebelum anak kelinci california berusia lima minggu, mereka rentan sekali mati.
ADVERTISEMENT

2. Ciri Khas Fisik

Fakta unik kelinci california berikutnya dapat dilihat dari ciri fisiknya yang khas. Kelinci ini mempunyai ukuran tubuh kecil dengan wajah menggemaskan dan lucu. kelinci california mempunyai panjang tubuh 23 sampai 29 cm dengan bobot maksimal 462 gram.
kelinci california betina mempunyai ukutan tubuh lebih besar daripada kelinci california jantan. Tubuh kelinci ini ditutupi bulu abu-abu dengan kaki coklat dan ekor sangat pendek.

3. Habitat Asli

Habitat asli dari kelinci california di wilayah Amerika bagian barat atau tepatnya di Nevada Utara, Oregon Selatan, sampai California Timur. Spesies kelinci ini senang mendiami semak belukar karena terdapat banyak persediaan makanan.
Semak belukar yang lebat dan tinggi juga berfungsi untuk tempat pelarian yang aman dari ancaman predator.
ADVERTISEMENT

4. Status Populasi

Fakta unik kelinci california berikutnya ada pada status populasi. Pada habitat aslinya, kelinci ini bisa bertahan hidup lebih lama dengan spesies lainnya dengan usia maksimal 5 tahun.
kelinci california belum termasuk dalam hewan yang terancam keberadaannya. Ancaman terbesar dari hewan ini yaitu kehilangan habitat asli yang sering dialihkan menjadi lahan penggembalaan.

5. Kebiasaan Hidup

kelinci california merupakan hewan sosial yang banyak berkumpul di alam liar. Mreka cenderung suka beraktivitas pada fajar dan senja. Pada siang hari, kelinci california lebih banyak beristirahat dalam sarang.
Sarang kelinci california umumnya berada di bawah tanah serta celah bebatuan dengan pintu msuk yang ditutupi semak berduri. Kelinci ini suka membuat terowongan untuk menghubungkan beberapa sarang sekaligus.
Nah itu dia sekilas pembahasan mengenai fakta unik kelinci california.(LAU)
ADVERTISEMENT