5 Jenis Anjing Pitbull beserta Karakteristik Uniknya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 21:53 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jenis anjing pitbull. Sumber: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jenis anjing pitbull. Sumber: pixabay
ADVERTISEMENT
Pitbull merupakan istilah yang digunakan untuk beberapa ras anjing yang sering disebut sebagai "keturunan pengganggu". Jenis anjing pitbull beserta karakteristik unik salah satunya dimiliki oleh jenis American bulldog. Anjing ini berkarakter penyayang dan menyukai anak-anak
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Merawat dan Melatih Anjing karya Onny Untung "Keturunan pengganggu" umumnya adalah sebutan untuk anjing yang suka bermain dan penuh kasih sayang apabila dibesarkan dengan benar.

Jenis Anjing Pitbull beserta Karakteristik Uniknya

Ilustrasi jenis anjing pitbull. Sumber: pixabay
Faktanya, anjing jenis pitbull memiliki sifat yang sangat penyayang, setia, dan lembut. Anjing ini juga cenderung senang bermain dan aktif. Berikut penjelasan jenis anjing pitbull beserta karakteristik uniknya.

1. American Bully

Anjing ini berasal dari pitbull terrier Amerika serta keturunan jenis bulldog lainnya. American Bully dari peternak yang bertanggung jawab dan dikembangkan secara khusus dengan temperamen yang lembut dan penuh kasih sayang.

2. American Pitbull Terrier

Nenek moyang American pitbull terrier adalah terrier dan bulldog di abad ke-19 yang berasal dari negara Inggris. Keturunan ini terbentuk di Amerika Utara pada akhir abad ke-19. Seperti kebanyakan jenis pitbull, jenis anjing ini cenderung setia dan penuh kasih sayang.
ADVERTISEMENT

3. American Staffordshire Terrier

Anjing jenis ini tidak digunakan secara umum untuk berkelahi, seperti beberapa jenis pitbull lainnya, sehingga memiliki sifat dan karakter yang lebih lembut.
American Staffordshire terrier dikenal setia, menyenangkan, serta baik hati. Anjing ini dapat berkembang dengan baik apabila sering diajak bermain dan berinteraksi.

4. Staffordshire Bull Terrier

Anjing ini memiliki sifat setia dan penyayang. Selain itu, anjing pitbull ini juga cenderung lebih tertarik pada orang dan tidak selalu berhubungan rukun dengan anjing lain.
Oleh karena itu, anjing ini bisa menjadi hewan peliharaan yang baik untuk pemilik yang aktif yang senang memberi perhatian dan bermain dengan mereka.

5. American Bulldog

American bulldog merupakan keturunan bulldog Inggris dan dikembangkan pada abad ke-17 untuk pertarungan yang melibatkan anjing melawan banteng.
ADVERTISEMENT
Di wilayah Amerika Utara, jenis bulldog menjadi anjing pekerja di peternakan. Anjing ini cenderung sangat penyayang dengan pemiliknya, bahkan sering menyukai anak-anak.
Namun anjing ini juga bisa sangat protektif sehingga sosialisasi yang dimulai sejak kecil perlu dilakukan supaya anjing ini bisa lebih ramah pada orang lain.
Demikian penjelasan jenis anjing pitbull beserta karakteristik uniknya. (ARH)