5 Jenis Kamera Digital yang Banyak Digunakan Fotografer

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 September 2023 22:10 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jenis kamera digital. Sumber: Isaac Taylor/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jenis kamera digital. Sumber: Isaac Taylor/pexels.com
ADVERTISEMENT
Kamera digital adalah jenis kamera yang menggunakan teknologi canggih untuk membantu memudahkan para fotografer. Terdapat berbagai jenis kamera digital, salah satunya kamera saku.
ADVERTISEMENT
Dharsito dalam Dasar Fotografi Digital I: Pengenalan Kamera Digital menyebutkan jika kamera digital adalah jenis kamera yang dibuat untuk mempermudah pekerjaan para fotografer.
Untuk mengetahui beberapa jenis kamera digital lainnya, mari baca artikel ini sampai tuntas.

Jenis Kamera Digital

Ilustrasi jenis kamera digital. Sumber: Lukas Hartmann/pexels.com
Kamera digital adalah jenis kamera yang penggunaannya lebih praktis daripada kamera analog sehingga banyak dipilih oleh fotografer. Adapun beberapa jenis kamera digital adalah sebagai berikut.

1. Kamera DSLR

Salah satu jenis kamera digital adalah kamera DSLR. Jenis kamera digital ini cukup populer di kalangan para fotografer karena memiliki format yang mengadopsi kamera SLR.
Selain itu, lensa kamera DSLR dapat dilepaskan sehingga bisa diganti sesuai kebutuhan. Kamera DSLR juga mempunyai pentaprisma serta cermin mekanik.

2. Kamera Saku

Jenis kamera digital selanjutnya adalah kamera saku. Jenis kamera digital cukup banyak digunakan dan paling sederhana. Pasalnya, kamera saku bisa dibawa ke mana saja karena ukurannya yang kecil.
ADVERTISEMENT
Selain itu, fitur yang disediakan juga sedikit dan kualitas gambarnya tergolong standar. Itulah sebabnya, jenis kamera ini cocok digunakan untuk pemula.

3. Kamera CSC atau Mirrorless

Jenis kamera digital lainnya adalah kamera mirrorless atau CSC. Sekilas, kamera ini memiliki bentuk yang mirip dengan kamera DSLR.
Kamera CSC ini memiliki beberapa kelebihan, seperti memungkinkan fotografer untuk menggunakan mode otomatis, manual penuh, maupun semi otomatis ketika sedang mengambil foto.

4. Kamera Digital Rangefingers

Jenis kamera digital berikutnya adalah kamera digital rangefingers. Kamera ini menggunakan dua buah alat untuk menyatukan gambar yang diambil.
Apabila kamera DSLR memiliki cara kerja memfokuskan foto lewat lensa kamera, kamera digital rangefingers melihat foto dari viewfinder optik yang terdapat di bagian atas atau kanan kamera.

5. Kamera Aksi

Jenis kamera digital yang terakhir adalah kamera aksi atau action camera. Kamera ini banyak digunakan untuk tujuan olahraga, seperti balapan motor dan biasanya dipasang pada bagian belakangnya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, kamera ini juga sering digunakan oleh motovlogger dengan cara dipasang di atas helm atau di atas kendaraannya.
Itulah sederet jenis kamera digital yang banyak digunakan fotografer untuk mengambil gambar. [ENF]