5 Jenis Kucing Terkecil di Dunia yang Sangat Menggemaskan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
26 Februari 2024 23:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jenis Kucing Terkecil di Dunia. Sumber: Unsplash.com/42 North
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jenis Kucing Terkecil di Dunia. Sumber: Unsplash.com/42 North
ADVERTISEMENT
Jenis kucing terkecil di dunia mempunyai banyak variasi. Kondisi itu dapat terjadi karena frasa “kucing kecil” mempunyai banyak definisi.
ADVERTISEMENT
Secara umum, definisi kucing kecil adalah kucing yang mempunyai ukuran lebih kecil daripada kucing lain. Contohnya Sand Cat yang memiliki ukuran 39 – 52 cm dengan berat 1,5 – 3 kg, padahal kucing pada umumnya memiliki berat sekitar 4 kg.
Kenali berbagai jenis kucing terkecil di dunia lainnya dalam ulasan berikut ini.

5 Jenis Kucing Terkecil di Dunia

Ilustrasi Jenis Kucing Terkecil di Dunia. Sumber: Unsplash.com/Mikhail Vasilyev
Jenis kucing terkecil di dunia ada banyak. Lima di antaranya adalah Sand Cat, Munchkin, Kucing Singapura, Kinkalow, dan Dewlf.
Berikut adalah penjelasan tentang berbagai kucing terkecil di dunia tersebut.

1. Sand Cat

Sand Cat merupakan kucing yang berasal dari semenanjung Arab, Asia Barat, dan Afrika. Kucing ini biasa ditemukan di gurun-gurun pasir.
Sand Cat termasuk kucing kecil karena ukurannya hanya berkisar antara 39 cm hingga 52 cm dengan berat 1,5 – 3 kg. Padahal kucing pada umumnya memiliki rata-rata panjang 46 cm dengan berat sekitar 4 – 4,5kg.
ADVERTISEMENT

2. Munchkin

Munchkin termasuk kucing kecil karena bertubuh mungil dan berkaki pendek. Penyebab kucing Munchkin berkaki pendek adalah terjadinya kelainan genetika.
Kondisi tersebut menimbulkan risiko pada embrio hasil perkawinan kucing Munchkin dengan kucing lain yang berkaki pendek. Oleh karena itu, perkembangbiakan Munchkin menimbulkan pertentangan dari penyayang hewan.

3. Kucing Singapura

Mengutip dari buku Panduan Lengkap Kucing, Suwed dan Rodame (2011: 29), ras Singapura dikenal sebagai drain cat di Singapura.
Ras tersebut asli dari Singapura yang hidup di lingkungan dan alam bebas. Kucing ras Singapura termasuk kucing kecil karena beratnya hanya berkisar antara 1,8 kg sampai dengan 3,6 kg.

4. Kinkalow

Kinkalow termasuk kucing kecil karena kakinya pendek. Menurut buku Kucing Keren Zaman Now!, Pujiastuti (2017: 54), Kinkalow merupakan kucing hasil perkawinan silang antara kucing jenis Munchkin dan American Curl.
ADVERTISEMENT
Kucing ini memiliki bulu warna cokelat muda. Walaupun kakinya pendek, ekor Kinkalow termasuk panjang sehingga kucing ini memiliki tampilan mirip dengan anjing tekel.

5. Dwelf

Dwelf merupakan kucing kecil karena beratnya sekitar 1,8 – 4 kg. Selain itu, Dwelf juga termasuk kucing kecil karena kakinya pendek seperti kurcaci dan telinganya melengkung seperti peri.
Itulah berbagai jenis kucing terkecil di dunia yang dikenal lucu dan menggemaskan.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan suatu kucing masuk dalam jenis kucing terkecil di dunia. Faktor tersebut meliputi ukuran tubuh yang mini atau kaki yang lebih pendek daripada kucing pada umumnya. (AA)