5 Jenis Makanan Ikan Sapu-Sapu yang Kaya Kandungan Nutrisi

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
27 Mei 2023 17:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi makanan ikan sapu-sapu. Sumber: Kindel Media/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makanan ikan sapu-sapu. Sumber: Kindel Media/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setiap jenis peliharaan tentu membutuhkan asupan makanan yang bernutrisi, termasuk ikan sapu-sapu. Ada banyak jenis makanan ikan sapu-sapu yang kaya akan kandungan nutrisi untuk menunjang proses pertumbuhannya. Dewi, Suwarni, dan Omar dalam Food Habits Ikan Sapu (Pterygoplichthys Multiradiatus Hancock, 1828) di Perairan Danau Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang Sulawesi Selatan menjelaskan jika ikan sapu-sapu biasa mengonsumsi alga. Untuk mengetahui jenis makanan ikan sapu-sapu lainnya, baca penjelasannya dalam artikel berikut.
ADVERTISEMENT

Rekomendasi Makanan Ikan Sapu-Sapu

Ilustrasi makanan ikan sapu-sapu. Sumber: Polina Kovaleva/pexels.com
Ikan sapu-sapu adalah jenis ikan yang terkenal di antara para penyuka biota air. Hal itu disebabkan oleh penampilan tubuhnya yang tampak berbeda dan disebut-sebut sebagai ikan yang kuat serta tak mudah mati. Meskipun begitu, ikan sapu-sapu tetap membutuhkan makanan yang bernutrisi agar pertumbuhannya lancar. Adapun rekomendasi makanan ikan sapu-sapu, antara lain.

1. Alga

Salah satu makanan ikan sapu-sapu adalah alga. Di dalam akuarium, ikan sapu-sapu dikenal memiliki kemampuan membersihkan akuarium. Ikan sapu-sapu biasanya akan mengonsumsi alga yang menempel di dinding akuarium. Namun, apabila ingin memberikan alga, jenis alga cokelat adalah pilihan yang paling tepat.

2. Sayuran

Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan makanan sejenis sayuran, tetapi ikan sapu-sapu juga membutuhkannya. Sayuran dikenal memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, sehingga baik untuk menjaga kesehatan dan menunjang pertumbuhannya. Adapun jenis sayuran yang bisa dikonsumsi ikan sapu-sapu adalah timun, sawi, gambas, dan jenis lainnya. Untuk memberikannya, sayuran perlu dipotong kecil-kecil terlebih dahulu untuk memudahkan ikan sapu-sapu dalam memakannya.
ADVERTISEMENT

3. Cacing

Rekomendasi makanan ikan sapu-sapu yang kaya nutrisi selanjutnya adalah cacing. Cacing memiliki kandungan protein tinggi yang baik untuk kesehatan ikan sapu-sapu. Cacing bahkan bisa didapatkan sendiri atau jika tidak mau repot, banyak tempat yang menjual cacing khusus pakan ikan.

4. Ikan Kecil

Ikan sapu-sapu adalah jenis ikan omnivora yang bisa memakan semuanya. Salah satu makanan ikan sapu-sapu adalah ikan yang berukuran kecil-kecil. Hal itu disebabkan karena ikan sapu-sapu termasuk jenis predator di dalam akuarium. Oleh sebab itu, pemiliknya bisa memberi alternatif makanan ikan-ikan kecil sebagai variasi santapan harian.

5. Udang

Jenis makanan ikan sapu-sapu yang terakhir adalah udang. Udang merupakan jenis biota laut yang kaya akan nutrisi. Kandungan yang dimiliki udang ini bisa membantu mempercantik warna kulit ikan sapu-sapu. Udang yang digunakan sebagai pakan bisa menggunakan udang-udang kecil agar ikan sapu-sapu mudah untuk memakannya. Demikian sejumlah informasi tentang rekomendasi makanan ikan sapu-sapu yang kaya akan kandungan nutrisi. [ENF]
ADVERTISEMENT