Konten dari Pengguna

5 Manfaat Latihan Kardio Boxing yang Intens

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
6 Mei 2024 19:31 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi latihan kardio boxing yang intens. Foto: Chris Kendall/Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi latihan kardio boxing yang intens. Foto: Chris Kendall/Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Latihan kardio boxing yang intens masih belum dilakukan banyak orang karena dianggap sebagai olahraga yang ekstrem. Beberapa juga menganggap olahraga boxing hanya cocok untuk pria. Padahal ada banyak manfaat yang bisa didapat dari melakukan latihan kardio boxing bagi pria maupun wanita.
ADVERTISEMENT
Inilah manfaat latihan kardio boxing yang intens selengkapnya.

Ragam Manfaat Latihan Kardio Boxing yang Intens

Ilustrasi latihan kardio boxing yang intens. Foto: Attentie/Unsplash
Dilansir dari laman repository.upi.edu, tinju merupakan salah satu seni bela diri dengan dua atlet yang beratnya tak jauh berbeda, sesuai dengan kelasnya bertanding.
Olahraga boxing atau yang juga dikenal dengan sebutan tinju ini merupakan olahraga yang melibatkan gerak tangan dan kaki. Boxing tidak hanya menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan, tetapi juga bisa menjadi latihan sehari-hari.
Boxing termasuk olahraga kardio karena memiliki gerakan yang teratur dan berulang. Olahraga kardio memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat latihan kardio boxing yang intens.

1. Membantu Menurunkan Bobot Tubuh

Bagi yang sedang menjalankan diet, boxing adalah salah satu olahraga yang direkomendasikan. Pasalnya, boxing yang dilakukan secara intens terbukti dapat menurunkan lemak tubuh dan meningkatkan komposisi tubuh secara keseluruhan dibandingkan aktivitas lain seperti jalan cepat.
ADVERTISEMENT

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Boxing adalah sejenis latihan interval intensitas tinggi (HIIT). Olahraga ini mendorong tubuh supaya dapat mempertahankan aktivitas intens berulang kali.
Manfaat olahraga HIIT ini dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa peringkat petinju berkorelasi langsung pada penanda kesehatan jantung.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Latihan tinju terbukti mampu menurunkan atau mengurangi tekanan darah sistolik serta diastolik. Hal itu dapat membantu mengurangi stres pada pembuluh darah. Sebuah penelitian menunjukkan bukti penurunan tekanan darah yang signifikan ketika membandingkan program tinju HIIT dengan latihan kardio intensitas sedang.

4. Membangun Kekuatan Otot

Olahraga boxing tidak hanya tentang pukulan. Latihan tersebut ternyata juga bisa membangun kekuatan otot secara keseluruhan. Gerakan pukulan, tendangan, dan gerakan defensif melibatkan banyak otot untuk bekerja keras. Dengan latihan secara konsisten, akan terjadi peningkatan yang signifikan dalam kekuatan otot.
ADVERTISEMENT

5. Mengurangi Stres

Boxing juga tak semata melatih kemampuan fisik dan menyehatkan tubuh tapi juga berdampak besar pada kesehatan mental. Aktivitas fisik yang intens dan fokus dalam olahraga ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.
Demikian manfaat latihan kardio boxing yang intens. Manfaatnya tidak hanya terasa pada tubuh, tetapi juga pada kesehatan mental. Boxing bisa dikatakan sebagai olahraga yang manfaatnya menyeluruh. (DN)