5 Manfaat Memelihara Landak Mini untuk Kesehatan Mental

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
27 Februari 2024 23:44 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi manfaat memelihara landak mini, sumber foto: Indigo Blackwood by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi manfaat memelihara landak mini, sumber foto: Indigo Blackwood by pexels.com
ADVERTISEMENT
Landak mini bisa menjadi salah satu hewan peliharaan yang cocok untuk di rumah dengan beragam manfaatnya. Salah satu manfaat memelihara landak mini yaitu bisa menemani pemiliknya saat malam hari.
ADVERTISEMENT
Meski terlihat mungil, tetapi landak mini memiliki duri yang bisa melindungi anggota keluarga dari bahaya. Hewan peliharaan yang satu ini juga bisa membuat pemiliknya jauh lebih bahagia karena gaya hidupnya yang sehat.
Dikutip dari buku Cari Tahu Hewan-Hewan Bertubuh Kecil karya Fatiharifah, simak beberapa manfaat memelihara dan merawat landak mini di rumah berikut ini.

Manfaat Memelihara Landak Mini

Ilustrasi manfaat memelihara landak mini, sumber foto: Pixabay by pexels.com
Landak mini merupakan hewan peliharaan yang memiliki gaya hidup sehat, sehingga akan mengajak pemiliknya untuk terus bergerak. Selain itu, ada beragam manfaat memelihara landak mini yang tidak boleh diabaikan.

1. Bisa Menemani Pemiliknya Saat Malam Hari

Landak mini termasuk hewan yang aktif di malam hari, sehingga bisa menemani kesendirian pemiliknya saat malam. Setelah lelah bekerja, pemilik akan merasa terhibur dengan aksi menggemaskan dari landak mini.
ADVERTISEMENT

2. Mudah Dipelihara

Pemeliharaan landak mini tergolong cukup mudah karena bisa diberi makan ulat Hongkong atau makanan kering dari toko hewan. Bahkan landak mini hanya perlu dimandikan sebulan sekali, tetapi kandangnya tetap harus rutin dibersihkan.

3. Suka Hidup Menyendiri

Hewan peliharaan yang satu ini tergolong hewan yang suka hidup menyendiri atau soliter, tetapi bukan karena galau. Jadi landak mini bisa menjadi teman yang tepat jika sedang merasa kesepian dan sendirian di rumah.

4. Durinya Tidak Tajam

Landak mini memang memiliki duri di bagian atas tubuhnya, tetapi duri ini tergolong tidak tajam dan tidak akan melukai manusia. Sehingga pemilik bisa dengan bebas untuk memegang dan bermain bersama hewan yang satu ini.

5. Landak Mini Tidak Berbau

Uniknya lagi, landak termasuk hewan peliharaan yang tidak berbau karena termasuk hewan yang bersih. Bahkan landak mini memiliki bau kotoran yang tidak sangat kuat, jadi aman dan nyaman untuk dipelihara.
ADVERTISEMENT
Lima manfaat memelihara landak mini tersebut memang perlu diperhatikan sebelum memustuskan untuk memelihara. Landak mini juga menjadi hewan peliharaan yang sangat cocok bagi orang yang suka kesepian di rumah. (DSI)